Gracia, Timothy and Dian Ari Nugroho,, S.E., M.M. (2023) Pengaruh Product, Price, Place, Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Cold Pressed Juice Pada Green Gram Juicery. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Marketing Mix yang terdiri dari variabel Product, Price, Place, dan Promotion terhadap Keputusan Pembelian Cold-Pressed Juice pada Green Gram Juicery. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar kepada konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Marketing Mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang baik dan efektif perlu mempertimbangkan faktor-faktor tersebut untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan pangsa pasar perusahaan. Perusahaan harus menempatkan fokus pada meningkatkan kualitas produk, menetapkan harga yang wajar, membuat produk mudah diakses oleh pelanggan, dan mengembangkan strategi promosi yang efektif. Dalam hal ini, keempat variabel Marketing Mix berperan penting dalam membentuk Keputusan Pembelian Konsumen. Dalam rangka meningkatkan efektivitas strategi pemasaran, perusahaan perlu memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan mereka. Studi lebih lanjut diperlukan untuk memperdalam pemahaman tentang hubungan antara variabel Marketing Mix dan Keputusan Pembelian Konsumen dan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran terbaik untuk segmen pasar yang berbeda. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam bidang pemasaran dan memberikan wawasan berharga bagi perusahaan dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen dan kepuasan pelanggan.
English Abstract
This research aims to assess the effect of marketing mix which, in this case, consists of product, price, place, and promotion on the decision to purchase Cold Press Juice at Green Gram Juicery. The data of this quantitative research was harvested from questionnaires distributed to the product’s consumers. This study finds that marketing mix positively and significantly influences the consumers’ purchase decision. This finding indicates that a good and effective marketing strategy needs to consider the aforementioned factors in order to increase customer satisfaction and expand the company’s market share. Companies must place their focus on product quality improvement, fair price setting, customer’s access to the products, and effective promotional strategy development. In this research, the four variables of the marketing mix are crucial in shaping consumer’s purchase decision. In order to upgrade marketing strategy effectiveness, companies need to understand the preference and the need of their customers. further studies are required to deepen the understanding about the relationship between marketing mix variables and consumer’s purchase decision and to identify the best marketing strategies for different market segments. Therefore, this research has provided a considerable contribution to science in marketing and valuable insights for companies in their effort of developing effective marketing strategies to elevate consumer’s purchase decision and satisfaction.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | :0523020685 |
Uncontrolled Keywords: | marketing mix (product, price, place dan promotion), keputusan pembelian |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 02:25 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 02:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210300 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Timothy Gracia.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |