Pengaruh Sustainable marketing Terhadap Ekuitas Merek dan Keputusan Pembelian Produk Starbucks di Kota Malang Dengan Pendekatan 4C

Samosir, Josua Syalom and Dr. Dwi Retno Andriani, SP., MP and Febriananda Faizal, SP., MP (2023) Pengaruh Sustainable marketing Terhadap Ekuitas Merek dan Keputusan Pembelian Produk Starbucks di Kota Malang Dengan Pendekatan 4C. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsumsi kopi di Indonesia yang selalu meningkat setiap tahunnya memunculkan potensi usaha yang besar untuk terus berkembang sehingga semakin maraknya bisnis coffee shop di Indonesia semakin banyak. Dalam periode 2016 ke tahun 2019, gerai coffee shop di Indonesia telah berkembang 3 kali lipat, dari 1083 gerai menjadi 2937 gerai. Perkembangan industri coffee shop yang pesat, disisi lain justru menimbulkan permasalahan pencemaran lingkungan berupa peningkatan timbulan sampah akibat adanya aktivitas dari industri coffee shop. Pada tahun 2022, volume timbulan sampah kota Malang sebanyak 279.148 ton, dengan komposisi sampah plastik sebanyak 13,66%, dan 41,72% sampah sisa makanan, dan sumber sampah sebanyak 14,44% berasal dari kegiatan perniagaan atau kegiatan usaha. Angka tersebut meningkat sebanyak 8% dari kurun waktu 2019 sebanyak 244.720 ton. Hal ini telah meningkatkan kesadaran konsumen betapa penting upaya kelestarian lingkungan dan mengakibatkan konsumen menuntut para pelaku usaha menciptakan suatu usaha yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan atau profit, namun juga menjaga keseimbangan lingkungan dan sosial dan menciptakan kondisi win win solution. Sehingga, perusahaan dihadapkan dengan sosial, lingkungan, dan tren pasar yang kompleks dan unik. Hadirnya sustainable marketing bisa membantu dalam menciptakan indikator win-win solution, dimana hal tersebut dapat menguntungkan lingkungan dan perusahaan sekaligus menjaga hubungan dengan konsumen melalui tanggung jawab sosial perusahaan dalam menjalankan usaha. Salah satu perusahaan yang menerapkan sustainable marketing dalam strategi bisnis khususnya strategi pemasarannya adalah Starbucks. Penerapan sustainable marketing dapat menghasilkan citra positif pada merek sehinngga dapat membentuk perspesi konsumen terhadap ekuitas merek. Ekuitas merek yang kuat memungkinkan konsumen semakin besar memilih merek tersebut dalam keputusan pembelian mereka. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April - Mei 2023 di Starbucks kota Malang dengan pertimbangan yaitu Starbucks sudah menjalankan sustainable marketing, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 85 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling dan accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM-PLS dengan alat analisis WarpPLS 7.0. Berdasarkan hasil penelitian, sustainable marketing dengan pendekatan 4C yang terdiri dari dimensi customer solution, customer cost, communication, dan convenience berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek dan keputusan pembelian. Ekuitas merek juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Begitu juga sustainable marketing memiliki pengaruh yang positif dan signfikan terhadap keputusan pembelian yang sudah dimediasi oleh ekuitas merek. Adapun saran pada penelitian ini berupa bagi peneliti selanjutnya lebih mengeksplor kembali mengenai berbagai faktor lain yang mungkin dapat mempengaruhi strategi pemasaran khususnya pendekatan 4C. Sedangkan bagi pemilik usaha dapat dapat mempertahankan atau meningkatkan strategi pemasaran sustainable marketing. Hal ini dikarenakan variabel tersebut mempunyai pengaruh positif dan signifikan dalam mempengaruhi ekuitas merek dan keputusan pembelian.

English Abstract

Coffee consumption in Indonesia is always increasing every year, giving rise to great business potential to continue to grow so that the number of coffee shop businesses in Indonesia is increasing. In the period 2016 to 2019, coffee shop outlets in Indonesia have grown 3 times, from 1083 outlets to 2937 outlets. The rapid development of the coffee shop industry, on the other hand, creates environmental pollution problems in the form of increased waste generation due to the activities of the coffee shop industry. In 2022, the volume of waste generation in Malang city was 279,148 tonnes, with a composition of 13.66% plastic waste, and 41.72% food waste, and 14.44% of waste sources came from commercial activities or business activities. This figure increased by 8% from the 2019 period of 244,720 tonnes. This has increased consumer awareness of the importance of environmental sustainability efforts and resulted in consumers demanding that business actors create a business that is not only profit-oriented, but also maintains environmental and social balance and creates win win solution conditions. Thus, companies are faced with complex and unique social, environmental, and market trends. The presence of sustainable marketing can help in creating win-win solution conditions, where it can benefit the environment and the company while maintaining relationships with consumers through corporate social responsibility in running a business. One company that implements sustainable marketing in its business strategy, especially its marketing strategy, is Starbucks. The application of sustainable marketing can produce a positive image of the brand so that it can shape consumer perceptions of brand equity. Strong brand equity allows consumers to increasingly choose the brand in their purchasing decisions. This research was conducted in April - May 2023 at Starbucks in Malang with the consideration that Starbucks has implemented sustainable marketing, with a total research sample of 85 respondents. This study uses a quantitative approach with sampling techniques in this study using non-probability sampling techniques with purposive sampling and accidental sampling methods. The analysis technique used is SEM-PLS with WarpPLS 7.0 analysis tool. Based on the research results, sustainable marketing with the 4C approach consisting of the dimensions of customer solution, customer cost, communication, and convenience has a positive and significant effect on brand equity and purchasing decisions. Brand equity also has a positive and significant influence on purchasing decisions. Likewise, sustainable marketing has a positive and significant influence on purchasing decisions that have been mediated by brand equity. The suggestions in this study are for further researchers to further explore various other factors that may affect marketing strategies, especially the 4C approach. Meanwhile, business owners can maintain or improve sustainable marketing strategies. This is because these variables have a positive and significant influence in influencing brand equity and purchasing decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: maria
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:16
Last Modified: 15 Jan 2024 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210277
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
JOSUA SYALOM SAMOSIR.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item