Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online Kepada Pengguna Sepatu Ventela di JABODETABEK)

Adhi, Surya Lathif Baskoro and Dr. Sunarti,, S.Sos, MAB (2023) Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online Kepada Pengguna Sepatu Ventela di JABODETABEK). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan industri sepatu lokal di Indonesia didorong oleh meningkatnya minat masyarakat indonesia terhadap sepatu. Merek-merek sepatu lokal bermunculan dan bersaing untuk menciptakan merek yang dapat merebut hati pelanggan. Ventela merupakan salah satu sepatu lokal yang muncul dan memiliki perkembangan pesat. Ventela dikenal sebagai sepatu yang memiliki desain baik, harga yang terjangkau serta nyaman untuk digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan Menjelaskan pengaruh dari Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian sepatu Ventela, (2) Mengetahui dan Menjelaskan pengaruh dari Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian sepatu Ventela, (3) Mengetahui dan Menjelaskan pengaruh dari Citra Merek dan Persepsi Harga secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian sepatu Ventela. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang mencari hubungan antar variabel dan menjelaskan melalui pengujian hipotesa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 orang yang merupakan konsumen sepatu Ventela dan pernah melakukan pembelian minimal 1 kali dan ditarik menggunakan metode Non-Probability Sampling. Validitas penelitian ini diuji melalui SPSS dengan rumus Pearson. Uji reliabilitas digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan Alpha Cronbach. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SPSS dengan metode Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Variabel Citra Merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (2) Variabel Persepsi Harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (3) Variabel Citra Merek dan Persepsi Harga secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

English Abstract

The development of local shoes industries in Indonesia triggered by the increasing of people’s interest over shoes. Many local brands came up and competing to be the most favorable brand for consumer. Ventela is one of the local brands that came up and have a rapid growth. Ventela known as a brand that have a great design, affordable price, and comfortable. This study aims to: (1) Understand and Explain the influence of Brand Image towards Buying Decision, (2) Understand and Explain the influence of Price Perception towards Buying Decision, (3) Understand and Explain the influence of both Brand Image and Price Perception together towards Buting Decision. This research is an Explanatory Research that looking for the relation between all variables and explain it through hypothesis test. This study is a quantitative study. This study had 116 peoples as samples which is Ventela’s consumer that ever bought the shoes minimum once in a lifetime and the samples is defined by Non-Probability Sampling method. Validity test in this study is tested by SPSS with Pearson Formula. Reliability test in this study is tested by Alpha Cronbach. The data in this study is analyzed by using SPSS with Multiple Linier Regression Method. The result of this study shows that: (1) Brand Image variable has a significance influence towards Buying Decision, (2) Price Perception variable has a significance influence towards Buying Decision, (3) Both Brand Image and Price Perception has a significance influence towards Buying Decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian-Brand Image, Price Perception, Buying Decision.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username suprihatin
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:17
Last Modified: 15 Jan 2024 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210275
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Surya Lathif.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item