Taungke, Stevie Amanda and Nova Erlyasari,, SE, M.Si (2023) Pengaruh Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung Di Wisata Jawa Timur Park 3 Kota Batu (Survei Pada Pengunjung Jawa Timur Park 3). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan signifikansi pengaruh Motivasi Wisatawan terhadap Keputusan Berkunjung di Wisata Jawa Timur Park 3. Motivasi merupakan faktor yang penting bagi calon wisatawan dalam mengambil keputusan mengenai daerah tujuan wisata yang akan dikunjungi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory research serta metode penelitian yang dipakai adalah kuantitatif. Sampel sebanyak 100 orang responden berusia minimal 17 tahun dan menggunakan purposive sampling dan diolah menggunakan SPSS 26.0 for Windows. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sig. 0,000 < 0,05 yang berarti Motivasi Wisatawan yang terdiri dari motivasi fisik, motivasi emosional, motivasi alasan pribadi, motivasi pengembangan diri, dan motivasi budaya secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Berkunjung. Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa item motivasi fisik, motivasi emosional, motivasi alasan pribadi, motivasi pengembangan diri, dan motivasi budaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Berkunjung. Hasil Uji t juga menunjukkan bahwa Motivasi Alasan Pribadi (X1.3) memiliki pengaruh yang kuat dibandingkan dengan item lain. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) diketahui bahwa Motivasi Wisatawan memiliki sumbangan pengaruh terhadap keputusan Berkunjung sebesar 52,5%.
English Abstract
The purpose of this study is to identify and explain the significance of the influence of tourist motivation on visit decisions in Jawa Timur Park 3. Motivation is an important factor for prospective tourists in making decisions about the tourist destinations to be visited. The type of research used in this study is explanatory research, and the research method used is quantitative. The sample used in the study consists of 100 respondents with minimum age of 17 and above, selected through purposive sampling. The data collected was processed using SPSS 26.0 for Windows. Data analysis involved descriptive analysis and simple regression analysis. The results of this research show that the significance level (sig.) is 0.000, which is less than 0.05. This indicates that tourist motivation, which includes physical motivation, emotional motivation, personal reason motivation, self-development motivation, and cultural motivation, collectively have a significant influence on visiting decisions. The t-test results reveal that each item of physical motivation, emotional motivation, personal reason motivation, self-development motivation, and cultural motivation significantly influences visiting decisions. In conclusion, the t-test results indicate that Personal Reason Motivation (X1.3) has a stronger influence compared to other items. The coefficient of determination test (R2) shows that tourist motivation contributes to 52.5% of the variance in visit decisions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052303 |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Wisatawan, Keputusan Berkunjung, Jawa Timur Park 3-Tourist Motivation, Visiting Decisions, Jawa Timur Park 3 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with username suprihatin |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:06 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210251 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Stevie Amanda Taungke.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |