Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendampingan Pemasaran Digital Produk Beras Sehat Lumbung Desa Produksi Kelompok Tani Makmur Desa Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang.

NIRBAYANTI., FEBRY SUKMA and Dina Novia Priminingtyas,, SP., M.Si and Febriananda Faizal,, SP., MP. (2023) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendampingan Pemasaran Digital Produk Beras Sehat Lumbung Desa Produksi Kelompok Tani Makmur Desa Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Beras Sehat Lumbung Desa merupakan produk beras unggulan Kelompok Tani Makmur Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang yang sudah diproduksi sejak tahun 2012. Namun, dalam kegiatan pemasarannya masih sangat minim dan konvensional. Oleh karena itu, perlu diadakan pemberdayaan berupa pengenalan dan pelatihan pemanfaatan digital marketing kepada pengelola Kelompok Tani Makmur agar dapat memperluas cakupan target usahanya serta dapat menunjang kegiatan penjualan yang lebih baik lagi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pemberdayaan ini adalah ceramah tentang keunggulan memasarkan produk melalui digital marketing dan simulasi dengan melakukan praktik membuat akun media sosial Facebook dan Instagram Toko Tani Makmur berserta cara mengelola akun tersebut. Kegiatan pemberdayaan yang diikuti 5 peserta dari pengurus Kelompok Tani Makmur ini dilakukan melalui 7 tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pengkajian (assement), tahap pemformulasian rencana aksi, tahap pelaksanaan dan pendampingan, evaluasi, dan tahap terminasi. Keberhasilan dari kegitan pemberdayaan dinilai dari 3 aspek, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pada aspek kognitif, terjadi peningkatkan pengetahuan pada sasaran pemberdayaan terkait pembuatan konten pemasaran sebesar 60% dari hasil pre-test 40% dan hasil post-test 100%, mempromosikan produk melalui Facebook sebesar 52% dari hasil pre-test 48% dan hasil post-test 100%, dan mempromosikan produk melalui Instagram sebesar 64% dari hasil pre-test 36% dan hasil post-test 100%. Pada aspek afektif, terjadi perubahan kesadaran peserta pemberdayaan dalam menentukan STP (Segmentation, Targeting, and Positioning) untuk membuat konten pemasaran dan kesadaran serta ketertarikan melakukan promosi online menggunakan Facebook dan Instagram. Pada aspek psikomotorik, terjadi perubahan perilaku yang ditunjukkan oleh sasaran pemberdayaan dalam mengaplikasikan pengetahuan untuk membuat logo dan tagline Toko Tani Makmur, menentukan jenis konten yang akan dibuat, menerapkan teknik mengambil foto produk, mempromosikan produk pada Facebook Marketplace dan Facebook Group, mengelola akun Instagram, menulis caption yang menarik, menggunakan hashtag yang relevan, dan menandai akun-akun yang terkait dengan konten yang diunggah untuk memperluas jangkauan audiens. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil pemberdayaan bagi pemerintah sebaiknya dapat memberikan dukungan dan bantuan dalam memasarkan produk Beras Sehat Lumbung Desa. Bagi Kelompok Tani Makmur agar mempertahankan kualitas produk Beras Sehat Lumbung Desa dan meneruskan mengelola media sosial yang ada dengan terus berkreasi dan berinovasi dengan konten-konten yang dibuat. Terakhir, bagi pemberdaya selanjutnya agar menggunakan Google My Business sebagai sarana pemasaran produk dan melakukan pemberdayaan secara offline agar proses penyerapan informasi lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh sasaran pemberdayaan.

English Abstract

Lumbung Desa Healthy Rice is the flagship rice product of the Makmur Farmer Group of Pamotan Village, Dampit District, Malang Regency, which has been produced since 2012. However, the marketing activities are still very minimal and conventional. Therefore, it is necessary to hold empowerment in the form of introduction and training in the use of digital marketing to the manager of the Makmur Farmer Group so that it can expand the scope of its business targets and can support better sales activities. The method used in this empowerment activity is to provide training through lectures on the advantages of marketing products through digital marketing. In addition, the simulation method is also carried out by practicing creating Facebook and Instagram social media accounts and how to manage these accounts. This empowerment activity, which was attended by 5 participants from the management of the Makmur Farmer Group, was carried out through 7 stages, namely the preparation stage, the assessment stage, the stage of formulating an action plan, the implementation and assistance stage, evaluation, and the termination stage. The success parameters of empowerment activities are assessed from three aspects, namely cognitive, affective, and psychomotor. In the cognitive aspect, there was an increase in knowledge in empowerment targets related to creating marketing content by 60% from the pre-test results of 40% and post-test results of 100%, promoting products through Facebook by 52% from the pre-test results of 48% and post-test results of 100%, and promoting products through Instagram by 64% from the pre-test results of 36% and post-test results of 100%. In the affective aspect, there is a change in the awareness of empowerment participants in determining STP (Segmentation, Targeting, and Positioning) to create marketing content, conduct online promotions using Facebook and Instagram social media. In the psychomotor aspect, there is a change in behavior shown by the empowerment target in applying knowledge to create a logo and tagline for Toko Tani Makmur, determining the type of content to be created, applying techniques for taking product photos, promoting products on Facebook Marketplace and Facebook Group, managing Instagram accounts, writing interesting captions, using relevant hashtags, and tagging accounts related to uploaded content to expand audience reach. Suggestions that can be given based on the results of empowerment for the government should be able to provide support and assistance in marketing Lumbung Desa Healthy Rice products. For the Makmur Farmer Group to maintain the quality of Lumbung Desa Healthy Rice products and continue to manage existing social media by continuing to create and innovate with the content created. Then, for further empowerment to be able to use Google My Business as a product marketing tool and conduct offline empowerment so that the process of absorbing information is easier to understand and apply by the target of empowerment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username chikyta
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:02
Last Modified: 15 Jan 2024 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210240
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
FEBRY SUKMA NIRBAYANTI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (23MB)

Actions (login required)

View Item View Item