Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Coffeeshop Simposium Di Kota Probolinggo.

Fajar Mahendra, Pujahaqi and Prof.Dr.Ir. Keppi Sukesi,, MS and Deny Meitasari,, SP., M.Sc. (2023) Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Coffeeshop Simposium Di Kota Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gaya hidup seseorang dapat dilihat dari bagaimana cara mengalokasikan pendapatannya untuk memilih produk maupun jasa dan berbagai pilihan yang mereka sukai. Pola gaya hidup masyarakat terhadap konsumsi kopi membuat pertumbuhan akan konsumsi kopi semakin tinggi setiap tahunnya. Berbagai jenis coffeeshop yang ada di Kota Probolinggo membuat konsumen dapat memilih tempat yang ingin mereka kunjungi untuk menikmati produk kopi maupun non kopi. Karena trend coffeeshop yang tinggi di kota Probolinggo mengingat persaingan yang terjadi semakin ketat antar coffeeshop, membuatCoffeeshop Simposium ingin mempertahankan dan mengetahui bagaimana loyalitas dan kepuasan konsumen setelah membeli dan mengunjungi coffeeshop. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini metode analisis data yang digunakan untuk menganalisis karakteristik konsumen yaitu analisis deskriptif. Pada analisis data tingkat kepuasan konsumen menggunakan analisis Costumer Satisfaction Index (CSI). Selanjutnya, pada analisis kepuasan konsumen yang sudah dianalisis maka atribut dapat di analisis menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Pada analisis yang digunakan dalam mengukur tingkat loyalitas konsumen menggunakan metode analisis Brand Loyalty. Hasil analisis karakteristik konsumen Coffeeshop Simposium dapat diketahui bahwa konsumen Coffeeshop Simposium berdomisili di Probolinggo, dengan konsumen laki-laki dan perempuan dengan rentang umur 20 tahun sebagai Pelajar/Mahasiswa, rentang pendidikan SMP sampai SMA dengan pendapatan rata-rata per bulan kurang lebih Rp. 500.000 yang diperoleh dari uang saku dan status pernikahan yaitu belum menikah. Pada hasil analsis demografi sebelumnya selanjutnya hasil analisis kepuasan konsumen berdasarkan analisis Costumer Satisfaction Index (CSI) menunjukan bahwa konsumen merasa sangat puas dengan indeks 82.4. Berdasarkan analisis dari Importance Performance Analysis (IPA) atribut yang harus dipertahankan berada pada Kuadran II yaitu (Varian rasa yang bermacam-macam, Daftar harga produk, Sistem pembayaran, Proses transaksi mudah dan cepat, Pakaian yang dikenakan pramusaji danTempat, alat makan atau minum). Untuk atribut yang memerlukan perbaikan berada pada Kuadran I yaitu (Ciri khas aroma dan citarasa, Promosi pada media sosial, Pramusaji Sigap, Pramusaji memberikan penjelasan terhadap, Lokasi mudah ditemukan). Hasil analisis loyalitas konsumen Coffeeshop Simposium dapat dikatakan cukup baik, pada tingkatan Satisfied buyer dengan persentase 86 persen.

English Abstract

Human lifestyle can be seen from how they allocate their income to choose products or services and the various choices they like. The design of people's lifestyle toward coffee consumption makes the growth of coffee consumption higher every year. Various types of coffee shops in Probolinggo City allow consumers to choose where they want to visit to enjoy coffee and non-coffee products. Due to the high trend of coffee shops in the city of Probolinggo considering the increasingly fierce competition between coffee shops, the Coffeeshop Symposium wants to maintain and find out how customer loyalty and satisfaction is after buying and visiting coffee shops. The research method used in this study is included in quantitative research. In this study, the data analysis method used to analyze consumer characteristics is descriptive analysis. In analyzing the level of customer satisfaction data using the analysis of the Customer Satisfaction Index (CSI). Furthermore, in the analysis of customer satisfaction that has been analyzed, the attributes can be analyzed using Importance Performance Analysis (IPA). In the analysis used to measure the level of consumer loyalty using Brand Loyalty analysis method. The results of the analysis of the characteristics of Coffeeshop Simposium consumers can be seen that Coffeeshop Simposium consumers live in Probolinggo, with male and female consumers with an age range of 20 years as Students, junior to high school education ranges with an average monthly income of approximately Rp. 500,000 earned from pocket money and marital status, namely not married. Based on the results of the previous demographic analysis, the results of the analysis of customer satisfaction based on the analysis of the Customer Satisfaction Index (CSI) show that consumers are very satisfied with an index of 82.4. Based on the Importance Performance Analysis (IPA) analysis, the attributes that must be maintained are in Quadrant II, namely (various flavors, product price lists, payment systems, easy and fast transaction processes, clothes worn by waiters and places, eating or drinking utensils) . The attributes that require improvement are in Quadrant I, namely (Aroma and taste characteristics, promotions on social media, fast waiters, waiters giving explanations, easy to find locations). The results of Coffeeshop Symposium's customer loyalty analysis can be said to be quite good, at the level of Satisfied buyers with a percentage of 86 percent.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username ismiatun
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:57
Last Modified: 15 Jan 2024 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210235
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
pujahaqi fajar.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item