Pengaruh Perceived Quality dan Brand Image terhadap Brand Loyalty melalui Kepuasan Pengguna Pestisida PT Syngenta Indonesia di Kecamatan Junrejo, Kota Batu

FEBRINNIA EKA RAHMADIYAH and Ir. Effy Yuswita,, M.Si and Destyana Ellingga Pratiwi,, S.P, M.P, M.BA. (2023) Pengaruh Perceived Quality dan Brand Image terhadap Brand Loyalty melalui Kepuasan Pengguna Pestisida PT Syngenta Indonesia di Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsumen menjadi salah satu hal utama yang penting untuk diperhatikan agar suatu bisnis dapat tetap mempertahankan eksistensi dalam pasar. Perilaku konsumen memiliki sifat yang cukup dinamis atau berubah-ubah. Perubahanperubahan tersebut dapat dipengaruhi oleh adanya faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan serta keinginan konsumen dalam melakukan pembelian. Banyaknya merek pestisida yang beredar dalam pasar menjadi salah satu faktor utama yang mengakibatkan konsumen dihadapkan banyak pilihan. Akibat semakin bertambahnya merek pestisida yang beredar dalam pasar memberikan dampak berupa penurunan penjualan PT Syngenta Indonesia di Kecamatan Junrejo. Hal ini menunjukkan bahwa loyalitas konsumen terhadap merek Syngenta menurun yang diduga disebabkan menurunnya kepuasan konsumen. PT Syngenta Indonesia merupakan perusahaan pestisida yang terkenal di kalangan petani, sehingga meningkatkan persepsi kualitas dan memperkuat citra merek dapat menjadi solusi agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen yang akan diikuti sikap loyal konsumen terhadap merek. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dilakukan pada bulan Januari hingga Februari 2023. Lokasi dalam penelitian ini yaitu Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Jumlah responden pada penelitian ini ditentukan dengan rule of thumb sebanyak 70 responden dengan teknik pengambilan sampel dengan teknik multistage cluster sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner. Analisis statistik menggunakan analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan software WarpPLS 8.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived quality dan brand image secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kemudian, perceived quality dan brand image secara parsial berpengaruh langsung dan tidak langsung melalui mediasi kepuasan konsumen terhadap brand loyalty. Berdasarkan hasil penelitian terkait pengaruh langsung, pengaruh tidak langsung, dan pengaruh total terhadap brand loyalty, perceived quality memiliki pengaruh paling besar terhadap brand loyalty dengan nilai koefisien 0,385. Sehingga saran yang dapat diajukan pada penelitian ini adalah PT Syngenta Indonesia dapat mempertahankan kualitas produk, meningkatkan kualitas pelayanan melalui hubungan baik dengan konsumen yang berkelanjutan, menambah mitra toko pertanian di Junrejo, followup retailer 2 secara rutin, dan memberikan diskon, promo, maupun hadiah secara lebih konsisten melalui event one day promo (ODP) maupun event lainny

English Abstract

Consumers are one of the main things that are important to note so that a business can maintain its existence in the market. Consumer behavior has a fairly dynamic or changing nature. These changes can be influenced by the existence of factors that influence the needs and desires of consumers in making purchases. The number of pesticide brands circulating in the market is one of the main factors that causes consumers to have many choices. As a result of the increasing number of pesticide brands circulating in the market, it has had an impact in the form of a decrease in PT Syngenta Indonesia's sales in Junrejo District. This shows that consumer loyalty to the Syngenta brand has decreased, which is thought to be due to decreased consumer satisfaction. PT Syngenta Indonesia is a well-known pesticide company among farmers, thus increasing perceived quality and strengthening brand image can be a solution in order to increase consumer satisfaction which will be followed by consumer loyalty towards the brand. This research approach uses a quantitative approach, conducted from January to February 2023. The location in this study is Junrejo District, Batu City. The number of respondents in this study was determined by the rule of thumb as many as 70 respondents with the sampling technique using the multistage cluster sampling technique. Data collection techniques were carried out through interviews using a questionnaire. Statistical analysis used Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) analysis with the help of WarpPLS 8.0 software. The results of this study indicate that perceived quality and brand image partially affect consumer satisfaction. Then, perceived quality and brand image partially influence directly and indirectly through the mediation of consumer satisfaction on brand loyalty. Based on research results related to direct effects, indirect effects, and total effects on brand loyalty, perceived quality has the greatest influence on brand loyalty with a coefficient value of 0.385. So the suggestions that can be put forward in this study are that PT Syngenta Indonesia can maintain product quality, improve service quality through good relationships with sustainable consumers, adding agricultural shop partners in Junrejo, regular follow-up of retailer 2, and providing discounts, promos, and more consistent prizes through One Day Promo (ODP) events and other events.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username chikyta
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:56
Last Modified: 15 Jan 2024 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210234
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Febrinnia Eka Rahmadiyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item