Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi terhadap Keputusan Pembelian (Survei terhadap Laki-Laki Generasi Z Pengguna Sneakers Merek Vans di Jakarta)

Akmal and Lusy Deasyana Rahma Devita, S.AB., M.AB (2022) Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi terhadap Keputusan Pembelian (Survei terhadap Laki-Laki Generasi Z Pengguna Sneakers Merek Vans di Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi karakteristik perilaku konsumen, yang mempengaruhi sebuah Keputusan Pembelian pada generasi Z sehingga memiliki kemungkinan untuk membeli, dan memperkirakan perilaku suatu pembelian konsumen. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi terhadap Keputusan Pembelian (Survei terhadap Laki-Laki Generasi Z Pengguna Sneakers Merek Vans di Jakarta)”. Penelitian ini menggunakan metode explanatory (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 116 orang responden laki-laki generasi Z yang menggunakan sneakers merek Vans di Jakarta. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan menggunakan analisis data yaitu analisis deskriptif serta analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Gaya Hidup (X1) dan Motivasi (X2) secara simultan berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian (Y). Variabel Gaya Hidup (X1) dan Motivasi (X2) keduanya berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Oleh karena itu, penelitian ini telah menunjukan bahwa Laki-laki generasi Z memiliki Motivasi dan Gaya Hidup yang berbeda dari masing-masing individu sehingga hal tersebut memiliki pengaruh terhadap keputusan seseorang dalam melakukan pembelian fashion footwear

English Abstract

The purpose of this study is to determine the aspects of consumer behavior that impact a purchase choice in Generation Z, allowing them to purchase, and to forecast the behavior of a customer's purchase. As a result, the researchers are interested in performing a study named "The Influence of Lifestyle and Motivation on Purchase Decisions (Survey of Generation Z Men Vans Brand Sneaker Users in Jakarta)." This study employs a quantitative methodology and an explanatory method (explanatory research). The sample size for this study was 116 male Generation Z respondents who wore Vans brand sneakers in Jakarta. Purposive sampling was utilized in this investigation. Data collection methods include surveys and descriptive and multiple linear regression analyses. The findings of this study reveal that both the Lifestyle (X1) and Motivation (X2) factors have an effect on the dependent variable, Purchase Decision (Y). Both lifestyle characteristics (X1) and motivational variables (X2) have a marginal influence on the purchase choice variable (Y). Thus, this study established that Generation Z males have distinct motives and lifestyles, which has an effect on a person's decision to purchase stylish footwear.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Motivasi, Keputusan Pembelian, Fashion Sepatu-Lifestyle, Motivation, Purchase Decision, Footwear Fashion
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Emy Sukartini
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:00
Last Modified: 15 Jan 2024 07:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210230
[thumbnail of Dalam masa EMBARGO] Text (Dalam masa EMBARGO)
Akmal.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item