Rosi, Moh. Fahrur and Drs. Muhammad Shobaruddin,, M.A and Nurjati Widodo,, S.AP., M.AP., M.Hum (2023) Analisis Isi Informasi Produk Kemas Ulang Informasi Dalam Bentuk Video Interaktif Pada Kanal YouTube Ngomongin Uang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dewasa ini pola konsumsi informasi masyarakat mulai bergeser dari yang awalnya informasi diakses melalui media tradisional beralih pada media digital atau internet dalam mengakses informasi yang dibutuhkan melalui internet pada ponsel atau gawai pribadi mereka. Namun, informasi yang beredar sangat banyak dan tidak terkontrol, maka perlu dilakukan penyederhanaan dengan kemas ulang informasi. Kemas ulang informasi merupakan sebuah proses untuk mengolah informasi yang sudah dirancang sedemikian rupa ke dalam bentuk yang lebih sesuai dan dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana isi dari informasi dari produk kemas ulang informasi dalam bentuk video, fungsi, dan manfaatnya terhadap penonton kanal Ngomongin Uang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan analisis isi (content analysis). Lokasi penelitian pada kanal YouTube Ngomongin Uang. Data diperoleh dengan melakukan analisis pada video di kanal Ngomongin Uang dan wawancara kepada penontonnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa informasi yang di kemas ulang dalam bentuk video oleh Ngomongin Uang meliputi topik seputar keuangan, investasi, saham, hingga mata uang kripto. Informasi yang di kemas ulang oleh Ngomongin Uang juga telah memenuhi fungsi dan manfaat dari kemas ulang informasi. Namun, belum memenuhi strategi CAS atau current awareness services, di mana perlu untuk menyertakan sumber referensi pada informasi yang di kemas ulang
English Abstract
Nowadays, people's information consumption patterns have shifted from accessing information through traditional media to digital media or the internet in accessing the information needed through the internet on their cellphones or personal devices. However, the information circulating is very large and uncontrolled, so it is necessary to simplify it by repackaging information. Information repackaging is a process to process information that has been designed in such a way into a form that is more suitable and can be utilized by users. The purpose of this research is to find out how the content of information from information repackaging products in the form of videos, functions, and benefits to the audience of the Ngomongin Uang channel. This research is a qualitative research with a descriptive approach with content analysis. The research location is the Ngomongin Uang YouTube channel. Data were obtained by analyzing videos on the Ngomongin Uang channel and interviewing the audience. The results of this study show that the information repackaged in the form of videos by Ngomongin Uang includes topics around finance, investment, stocks, and cryptocurrencies. The information repackaged by Ngomongin Uang has also fulfilled the functions and benefits of information repackaging. However, it has not fulfilled the CAS or current awareness services, where it is necessary to include reference sources in the repackaged information.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030628 |
Uncontrolled Keywords: | Kemas Ulang Informasi, Video, Analisis Isi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 03:13 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 03:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210229 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
MOH. FAHRUR ROSI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |