Pengaruh Financial Distress, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Reputasi Auditor Terhadap Audit Report Lag (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Pariwisata Dan Rekreasi Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2020-2021)

Rosali, Tiara Paramitalynia and Nurul Fachriyah,, SE., MSA., Ak. (2023) Pengaruh Financial Distress, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Reputasi Auditor Terhadap Audit Report Lag (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Pariwisata Dan Rekreasi Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2020-2021). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh financial distress, profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, dan reputasi auditor terhadap audit report lag pada perusahaan industri Pariwisata dan Rekreasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode pengamatan 2020-2021. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang menghasilkan 30 perusahaan dengan total sampel sebanyak 60 yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan memanfaatkan data pada laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda sebagai metode dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa financial distress berpengaruh positif terhadap audit report lag dan profitabilitas berpengaruh negatif terhadap audit report lag, sedangkan solvabilitas, ukuran perusahaan, dan reputasi auditor tidak memiliki pengaruh terhadap audit report lag.

English Abstract

This study aims to examine the effect of financial distress, profitability, solvability, firm size, and auditor reputation on audit report lag of Tourism and Recreation industry companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2020-2021 observation period. The samples include 60 data according to the criteria from 30 companies, selected through purposive sampling. The data of financial statements are analyzed quantitatively by multiple linear regression utilizing SPSS 25 software. The results of this study exhibit that financial distress has positive effect on audit report lag; profitability has negative effect on audit report lag; and solvability, firm size, and auditor reputation have no effect on audit report lag.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020681
Uncontrolled Keywords: Audit Report Lag, Financial Distress, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, Reputasi Auditor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:25
Last Modified: 25 Jan 2024 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210127
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tiara Paramitalynia Rosali.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item