Permana, Putu Gede Angga Mahaputra and Zuliati Rohmah, S.Pd., M.Pd (2023) Indonesian EFL Learners' Preferences Toward American and British Accent of English. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Asumsi saat ini dari pelajar EFL (Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing) yang memiliki prinsip yang telah ditentukan sebelumnya dimana bahasa Inggris lisan yang "baik" pada akhirnya ditentukan oleh bagaimana mereka berbicara bahasa Inggris "seperti penutur asli" telah membuat studi tentang bahasa Inggris beraksen asli lebih umum sejak beberapa dekade yang lalu. Penelitian sebelumnya telah menyimpulkan aksen bahasa Inggris terkemuka yang telah berkontribusi besar terhadap sikap pelajar EFL dari bahasa Inggris asli yang otentik, aksen ini adalah General American English (GAE) dan British English (BE). Meskipun bervariasi dalam hasil, penelitian sebelumnya juga menemukan hasil komparatif dari kedua aksen ini. Untuk mempelajari sikap bahasa dan untuk membandingkan hasil penelitian sebelumnya dengan demografi EFL Indonesia, penelitian ini menyelidiki preferensi pelajar EFL Indonesia untuk GAE dan BE melalui analisis komparatif. Penelitian mengambil sampel sebanyak 110 mahasiswa program Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif (survey study) untuk mengelola jumlah mahasiswa yang diambil sebagai data dengan memanfaatkan kuesioner untuk mengumpulkan data. Selanjutnya data yang diperoleh dari kuesioner dianalisis menggunakan SPSS dengan uji-t sampel berpasangan. Temuan awal menunjukkan preferensi yang terbagi di mana kedua aksen memiliki perbedaan nilai, di mana GAE ditemukan sangat terkait dengan sifat "Solidaritas" (keramahan, fleksibilitas) sementara BE lebih ke arah sifat "Status" (prestise, bangsawan). Selain itu, aksen yang disukai peserta dipengaruhi oleh tiga faktor utama yaitu; Pemahaman, Keakraban, dan Motivasi. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman kita tentang preferensi siswa EFL Indonesia terhadap GAE dan BE, memberikan wawasan berharga bagi pendidik bahasa Inggris, perancang kurikulum, dan pembuat kebijakan bahasa. Dengan mengenali dan mendukung kebutuhan siswa dalam pembelajaran bahasa dalam perencanaan pendidikan, pendidik dapat menyediakan siswa dengan materi pembelajaran yang efektif untuk memperkuat pembelajaran yang efektif.
English Abstract
The current assumption of EFL (English as a Foreign Language) learners having predetermined principle where a “good” spoken English is ultimately decided by how “native-like” they speak English has made studies on native accented English more prevalent since decades ago. Prior studies have concluded prominent English accents which have contributed heavily to the EFL learners attitude of authentic native English, these accents are General American English (GAE) and British English (BE). Although varying in results, prior studies have also found comparative result of these two accents. To study the language attitude and to compare prior studies result with Indonesian EFL demographic, the present study investigated Indonesian EFL learners' preferences for GAE and BE through comparative analysis. The study took a take sample of 110 university students in the English Language Education program of Universitas Brawijaya using a quantitative research method (survey study) to manage the number of students that are taken as data by utilizing questionnaires to collect the data. Furthermore, the data obtained from the questionnaire are analyzed using SPSS with Paired sample t-test. Preliminary findings suggest divided preferences where both accents have distinctions of value, where GAE was found to be heavily associated with “Solidarity” traits (friendliness, flexibility) while BE was more toward “Status” traits (prestige, nobility). Additionally, participants’ preferred accents were influenced by three prominent factors namely; Comprehension, Familiarity, and Motivation. The present research contributes to our understanding of Indonesian EFL students’ preferences toward GAE and BE, providing valuable insights for English language educators, curriculum designers, and language policymakers. By recognizing and supporting students’ needs in language learning in education planning, educators could provide students with effective learning materials to reinforce effective learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052312 |
Uncontrolled Keywords: | Pelajar EFL Indonesia, sikap terhadap bahasa, aksen Amerika, |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | maria |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 04:55 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 04:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210116 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Putu Gede Angga Mahaputra Permana.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |