Pambayun, Gading Satya and Prof. Dr. Abdul Hakim, M.Si and Aulia Luqman Aziz, SS.,S.Pd.,M.Pd (2023) Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Instrumen Penyebaran Informasi Akademik pada Mahasiswa (Studi Pada Instagram Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Instagram atau sering disebut IG merupakan jenis media sosial berupa aplikasi yang digunakan penggunanya untuk berbagi gambar dan video serta dapat menerapkan filter pada foto maupun video kemudian dipublikasikan ke jejaring sosial lainnya. Instagram Universitas Brawijaya merupakan sebuah platform Instagram yang dibangun sejak tahun 2016 dengan diawali sebagai media kegiatan pelatihan Humas yang kemudian di ahli fungsikan menjadi akun official Instagram dari Universitas Brawijaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Instagram Universitas Brawijaya dan untuk menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan juga menghambat dalam penyebaran informasi akademik di Universitas Brawijaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang bersumber dari observasi, dokumentasi dan hasil wawancara secara mendalam. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana (2014) yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Penggunaan Media Sosial Instagram Universitas Brawijaya sebagai Instrumen Penyebaran Infromasi Akademik pada Mahasiswa sudah baik akan tetapi kurang optimal dikarenakan dihadapkan oleh berbagai kendala. Hal ini ditinjau dari penyampaian informasi yang kurang cepat, adanya tidaksikronan informasi antara universitas dan fakultas. Selain itu konten yang disampaikan dalam Instagram Universitas Brawijaya juga kurang menarik perhatian mahasiswa.
English Abstract
Instagram often called IG is a type of social media in the form of an application that users use to share images and videos and can apply filters to photos and videos and then publish them to other social networks. Brawijaya University's Instagram is an Instagram platform that was built in 2016, starting as a medium for PR training activities which was then functioned as an official Instagram account from Brawijaya University. This research aims to analyze the use of Brawijaya University's Instagram and to analyze the factors that support and hinder the dissemination of academic information at Brawijaya University. The research method used is descriptive qualitative with data collection techniques originating from observation, documentation, and in-depth interview results. This research was analyzed using the theory of Miles, Huberman, and Saldana (2014), namely analyzing data in three steps: data condensation, presenting data (data display), and drawing conclusions or verification (conclusion drawing and verification). The use of Brawijaya University's Instagram social media as an instrument for disseminating academic information to students is good but less than optimal due to various obstacles. This is seen from the delivery of information that is not fast enough, there is a lack of synchronization of information between universities and faculties. Apart from that, the content conveyed on Brawijaya University's Instagram also does not attract the attention of students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030609 |
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Instagram Universitas Brawijaya, Penyebaran Informasi Akademik |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 02:24 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 02:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210114 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gading Satya Pambayun.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |