Ashary, Mochamad Affan and Dr. Drs. Edy Yulianto,, MP (2023) Analisis Strategi Pemasaran Kerajinan Tangan Kendang Djimbe Dengan Pendekatan Matriks BCG (Boston Consulting Group) (Studi Pada UD. Ukil Kreatif Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui posisi produk kerajinan tangan kendang djimbe UD. Ukil Kreatif dalam kuadran matriks Boston Consulting Group dan menentukan strategi yang akan diterapkan sesuai dengan posisi UD. Ukil Kreatif pada matriks Boston Consulting Group. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan metode penelitian dikarenakan masalah yang akan diteliti oleh peneliti bersifat tidak pasti atau sementara dan akan berkembang setelah peneliti berada di lapangan. Dalam penelitian ini difokuskan pada analisis penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan kerajinan tangan kendang djimbe UD. Ukil Kreatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data mengunakan metode penelitian lapangan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data adalah peneliti sendiri, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah metode analisis Boston Consulting Group (BCG), untuk menganalisis pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif agar dapat menentukan strategi pemasaran. Dari hasil penelitian dengan analisis matriks Boston Consulting Group, diketahui tingkat pertumbuhan pasar UD. Ukil Kreatif pada produk kendang djimbe mainan anak-anak dan souvenir diperoleh hasil sebesar 35% dan pangsa pasar relatif diperoleh hasil sebesar 1,23x. Untuk tingkat pertumbuhan pasar pada produk kendang djimbe alat musik sebesar 11% dan pangsa pasar relatif diperoleh hasil sebesar 1,01x, ini menunjukkan bahwa UD. Ukil Kreatif memiliki tingkat pertumbuhan pasar yang tinggi serta nilai pangsa pasar dari kedua produk tersebut lebih besar dari pada satu (>1), dan diketahui posisi UD. Ukil Kreatif berada pada kuadran Bintang atau Stars, dimana produk yang berada pada kuadran Bintang merupakan produk dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi dan memiliki pangsa pasar yang tinggi juga. Strategi yang dapat digunakan UD. Ukil Kreatif adalah strategi mempertahankan atau Hold, yang berarti strategi ini digunakan untuk mempertahankan produk-produk agar tetap berada pada kategori yang sama serta agar dapat bersaing dengan para kompetitornya.
English Abstract
This research was conducted with the aim of determining the position of UD. Ukil Kreatif kendang djimbe handicraft products in the quadrant of the Boston Consulting Group matrix and determining the strategy to be applied in accordance with UD. Ukil Kreatif position in the Boston Consulting Group matrix. The method used in this study is descriptive with a qualitative approach. The choice of research method is because the problem to be studied by the researcher is uncertain or temporary and will develop after the researcher is in the field. This study focused on analyzing the application of marketing strategies in increasing the sales volume of UD. Ukil Kreatif kendang djimbe handicrafts. The sources of data used in this study were informants and documents. Data collection techniques use field research methods by making observations, interviews, and documentation. The research instruments used to obtain the data are the researchers themselves, interview guidelines and field notes. The data analysis technique in this study is the Boston Consulting Group (BCG) analysis method, to analyze market growth and relative market share in order to determine marketing strategies. From the results of research using the Boston Consulting Group matrix analysis, it is known that UD. Ukil Kreatif market growth rate on kendang djimbe children's toys and souvenirs products, obtained a result of 35% and a relative market share of 1.23x. The market growth rate for kendang djimbe musical instruments products, was 11% and the relative market share was 1.01x, this shows that UD. Ukil Kreatif has a high market growth rate and the market share value of the two products is greater than one (>1), and it is known that UD. Ukil Kreatif position is in the Star quadrant, where products in the Star quadrant are products with a high growth rate and have a high market share as well. The strategy that UD. Ukil Kreatif can use is a hold strategy, which means that this strategy is used to maintain products to stay in the same category and to be able to compete with their competitors
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030619 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Boston Consulting Group, Tingkat Pertumbuhan Pasar, Pangsa Pasar Relatif |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 02:24 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 02:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210094 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
MOCHAMAD AFFAN ASHARY.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |