Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen Gojek Layanan Go-Ride pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2020/2021 dan 2021/2022 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)

Rifai, Moch and Prof. Drs. Achmad Fauzi DH, MA. (2023) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen Gojek Layanan Go-Ride pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2020/2021 dan 2021/2022 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Layanan transportasi saat ini merupakan sarana yang sangat penting di dalam kehidupan masyarakat, transportasi digunakan setiap masyarakat untuk memperlancar aktifitas sehari-harinya. Setiap orang tentu membutuhkan transportasi dalam berbagai kegiatannya seperti bekerja, bersekolah, berpergian maupun aktifitas lainnya. Hal tersebut turut berdampak pada industri transportasi di Indonesia yang saat ini telah banyak yang menerapkan konsep Kualitas Layanan, seperti Gojek. Perusahaan-Gojek menjalankan bisnis dengan mengupayakan penerapan strategi Kualitas Layanan untuk dapat meningkatkan Kepuasan Konsumen, khususnya Mahasiswa aktif Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2020/2021 dan 2021/2022 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Pernah menggunakan layanan Go-Ride melalui aplikasi Gojek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan yang terdiri dari Variabel Keandalan (X1), Variabel Daya Tanggap, (X2), Variabel Jaminan (X3), Variabel Empati (X4), dan Variabel Bukti Fisik (X5) terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Penelitian dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dan analisis statistic inferensial. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 116 orang responden dengan metode sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data melalui kuesioner (google form) kepada responden yang sesuai dengan kriteria populasi serta sampel, yakni Mahasiswa aktif Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2020/2021 dan 2021/2022 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Pernah menggunakan layanan Go-Ride melalui aplikasi Gojek dan berusia minimal 17 tahun

English Abstract

Transportation services are currently a very important part of people's lives; transportation is used by every community to facilitate their daily activities. Everyone certainly needs transportation for various activities such as work, school, traveling, and other activities. This has also had an impact on the transportation industry in Indonesia, where many have implemented the concept of quality of service, such as Gojek. Gojek companies run their businesses by implementing a service quality strategy to increase consumer satisfaction, especially among active students majoring in Business Administration Batch 2020/2021 and 2021/2022, Faculty of Administrative Sciences, University of Brawijaya, who have used Go�Ride services through the Gojek application. This study aims to determine the effect of service quality, which consists of Reliability Variabels (X1), Responsiveness Variabels (X2), Assurance Variabels (X3), Empathy Variabels (X4), and Tangibles Variabels (X5), on consumer satisfaction (Y). The type of research used is explanatory research using a quantitative approach. The data analysis used is descriptive analysis and inferential statistical analysis. The research was conducted using descriptive analysis techniques and inferential statistical analysis. The number of samples used was 116, and the sampling method used was the purposive sampling technique. The data collection method is through a questionnaire (Google Form) to respondents who match the population and sample criteria, namely active students majoring in Business Administration Batch 2020/2021 and 2021/2022 Faculty of Administrative Sciences, University of Brawijaya, who have used Go-Ride services through the Gojek application and are at least 17 years old.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030618
Uncontrolled Keywords: KEANDALAN, DAYA TANGGAP, JAMINAN, EMPATI, BUKTI FISIK, DAN KEPUASAN KONSUMEN
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:24
Last Modified: 16 Jan 2024 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210080
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Moch. Rifai.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item