Analisis Peran Kaum Muda Terhadap Perkembangan Kesenian Barongsai di Jakarta Melalui Karakter Tokoh Dalam Film Silent Hero(es) (沉默英雄) chénmò yīngxióng.

Humaira, Putri Hasna and Galih Edy Nur Widyaningsih, B.Ed., MTCSOL (2023) Analisis Peran Kaum Muda Terhadap Perkembangan Kesenian Barongsai di Jakarta Melalui Karakter Tokoh Dalam Film Silent Hero(es) (沉默英雄) chénmò yīngxióng. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setelah melewati masa orde baru, sebagian besar etnis Tionghoa menjadi lebih sadar akan warisan budaya yang mereka miliki salah satunya adalah kesenian barongsai. Pengenalan dan promosi kesenian barongsai saat ini sudah banyak disajikan melalui film. Salah satu film Indonesia yang mengangkat kisah mengenai kesenian barongsai adalah film Silent Hero(es) (沉默英雄) chénmò yīngxióng. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan para tokoh karakter dan pengaruhnya terhadap perkembangan kesenian barongsai serta mendeskripsikan konflik peran yang dialami oleh para tokoh dalam film Silent Hero(es) (沉默英雄) chénmò yīngxióng. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya 4 tokoh yang berperan dalam mengembangkan barongsai beserta pengaruhnya. Ditemukan pula 10 data yang menunjukkan adanya konflik peran para tokoh, antara lain: Terdapat 3 data untuk jenis konflik peran pribadi, 5 data jenis konflik intra peran, dan 2 data untuk jenis konflik antar peran.

Other obstract

在经历了新秩序时代之后,大多数中国人更加意识到自己的文化遗产, 舞狮艺术就是其中之一。舞狮艺术的介绍和推广现在通过电影广泛呈现。告 诉舞狮艺术故事的印尼电影之一是《沉默英雄》的电影。本研究的目的是确 定人物的角色及其对舞狮艺术发展的影响,并描述电影《沉默英雄》中角色 所经历的角色冲突。研究采用定性描述性研究方法。这项研究的结果是发现 了4 个在舞狮发展中发挥作用的人物及其影响。还发现了10 条数据表明了 角色之间的角色冲突,包括:有3 个数据用于个人角色冲突类型,5 个数据 用于角色内冲突类型,2 个数据用于角色间冲突类型。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: barongsai, karakter tokoh, kesenian, konflik peran, peran.
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: maria
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:41
Last Modified: 15 Jan 2024 04:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210076
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Putri Hasna Humaira.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item