Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Kualitas Lingkungan Fisik terhadap Kepuasan dan Loyallitas Pelanggan Glory Coffeenery di Kabupaten Ngawi.

Khoirunisa, Ismi and Wisynu Ari Gutama, SP., MMA and Dr. Dwi Retno Andriani, SP., MP (2023) Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Kualitas Lingkungan Fisik terhadap Kepuasan dan Loyallitas Pelanggan Glory Coffeenery di Kabupaten Ngawi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini jumlah kedai kopi di Kabupaten Ngawi dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, salah satu coffee shop yang terkenal di Kabupaten Ngawi yakni Glory Coffeenery dimana coffee shop ini berdiri pada bulan April 2021. Namun adanya coffee shop lain yang banyak bermunculan menimbulkan persaingan yang semakin ketat, hal ini dikarenakan konsumen kopi memiliki selera dan pilihan yang lebih beragam untuk memenuhi keinginannya.Glory Coffeenery merupakan kedai kopi yang berlokasi di Jalan Trunojoyo Kecamatan Ketanggi Kabupaten Ngawi. Kedai kopi ini merupakan salah satu tempat berkumpul yang cukup populer di kalangan masyarakat Kabupaten Ngawi. Glory Coffeenery dikenal sebagai coffee shop dengan fasilitas live musicnya yang menghadirkan band lokal Kabupaten Ngawi yang menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Namun karena persaingan yang tinggi membuat Glory Coffeenery mengalami penurunan pendapatan hal ini dibuktikan dengan menurunnya jumlah pengunjung Glory Coffeenery. Tujuan dari Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, kualitas lingkungan fisik terhadap kepuasan pelanggan Glory Coffeenery di Kabupaten Ngawi dan mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Glory Coffeenery di Kabupaten Ngawi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan 100 responden yang diambil dengan teknik non probability sampling. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling– Partial Least Square (SEM PLS). Hasil dari analisis menghasilkan nilai p values pada X1 terhadap Y1 sebesar 0.311 memiliki arti kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, X2 ke Y1 sebesar 0.254 memiliki arti kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, X3 ke Y1 sebesar 0.383 memiliki arti kualitas lingkungan fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan Y1 ke Y2 sebesar 0.648. menunjukkan bahwa kepuasan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

English Abstract

Currently, the number of coffee shops in Ngawi Regency has increased from year to year, one of the well-known coffee shops in Ngawi Regency is Glory Coffeenery where this coffee shop was established in April 2021. However, the existence of many other coffee shops has led to increasingly fierce competition, this is because coffee consumers have more diverse tastes and choices to fulfil their desires.Glory Coffeenery is a coffee shop located on Jalan Trunojoyo, Ketanggi District, Ngawi Regency. This coffee shop is one of the most popular gathering places among the people of Ngawi Regency. Glory Coffeenery is known as a coffee shop with live music facilities that present local bands from Ngawi Regency, which is a special attraction for consumers. However, due to high competition, Glory Coffeenery has experienced a decrease in income, this is evidenced by the decreasing number of visitors to Glory Coffeenery. The purpose of this study was to determine the effect of product quality, service quality, physical environment quality on customer satisfaction of Glory Coffeenery in Ngawi Regency and to determine the effect of customer satisfaction on customer loyalty of Glory Coffeenery in Ngawi Regency. The data used in this study are primary data and secondary data. This study used 100 respondents who were taken with non probability sampling technique. The data analysis technique uses Structural Equation Modeling - Partial Least Square (SEM PLS). The results of the analysis resulted in p values on X1 to Y1 of 0.311 meaning that product quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, X2 to Y1 of 0.254 meaning that service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, X3 to Y1 of 0.383 meaning that the quality of the physical environment has a positive and significant effect on customersatisfaction, and Y1 to Y2 of 0.648. indicates that satisfaction has a positive and significant effect on customer loyalty.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username ihwan
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:16
Last Modified: 15 Jan 2024 04:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210014
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ismi Khoirunisa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item