Penambahan Pasta Tomat Pada Baked Egg Custard Ditinjau Dari Rendemen, Protein, Dan Total Plate Count

Patama, Septian Galang Budi and Dr. Ir. Herly Evanuarini,, S.Pt., MP. (2023) Penambahan Pasta Tomat Pada Baked Egg Custard Ditinjau Dari Rendemen, Protein, Dan Total Plate Count. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telur merupakan produk hasil ternak yang kaya nutrisi namun memiliki masa simpan pendek dan mudah rusak (perishable food). Perlakuan untuk memperpanjang masa simpan dapat dilakukan dengan cara pengawetan dan pengolahan salah satunya adalah produk custard. Custard sendiri salah satu olahan produk yang sangat digemari oleh semua kalangan. Diversifikasi produk custard salah satunya baked egg custard yang dikonsumsi sebagai makanan penutup (dessert). Baked egg custard merupakan olahan yang memiliki tekstur yang lembut dan nilai kandungan nutrisi yang baik dikarenakan menggunakan bahan yang tinggi protein dan rendah lemak. Penambahan pasta tomat dilakukan untuk meningkatkan kualitas baked egg custard. Penelitian dilakukan pada tanggal 25 Juli hingga 30 Oktober 2023. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Divisi Pengolahan Telur Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya untuk pembuatan dan pengujian baked egg custard dengan penambahan pasta tomat. Pengujian rendemen dilakukan di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Divisi Pengolahan Telur Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Pengujian kadar protein dan total plate viii count dilakukan di Laboratorium Pengujian Mutu dan Keamanan Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Materi penelitian yang digunakan adalah baked egg custard yang dibuat dengan penambahan pasta tomat dan bahan dasar kuning telur ayam serta bahan-bahan lainnya (susu, gula, vanilli dan tepung maizena). Metode penelitian yang digunakan adalah metode percobaan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang dilakukan pada pembuatan baked egg custard ini yaitu P0 (tanpa penambahan pasta tomat), P1 (penambahan 1% pasta tomat), P2 (penambahan 3% pasta tomat), dan P3 (penambahan 5% pasta tomat) dari total berat bahan yang digunakan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis ragam (ANOVA) dan apabila terdapat perbedaan pengaruh yang nyata maupun sangat nyata dilanjutkan menggunakan Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan pasta tomat memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap rendemen dan kadar protein serta berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap total plate count. Nilai rataan rendemen berkisar antara 88-93,5%, protein 5,9-7,1%, dan total plate count 0,13 x 103 CFU/g sampai 0,18 x 103 CFU/g. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penambahan pasta tomat sebesar 5% akan meningkatkan kualitas baked egg custard dengan nilai rataan rendemen (93,5%), kadar protein (7,1%), dan total plate count (0,13 x 103 CFU/g). Saran dari penelitian ini yaitu penambahan pasta tomat pada baked egg custard terbaik yakni sebanyak 5%, sehingga perlakuan dengan penambahan pasta tomat sebanyak 5% yang diterapkan semakin efisien.

English Abstract

This study aims to determine the best percentage of tomato paste addition to baked egg custard based on yield, protein, and total plate count. The research method used was experimental in the laboratory using a completely randomized design with 4 treatments and 4 replications. The ingredients used were egg yolks, fresh milk, cornstarch, sugar, vanilla, and tomato paste. Tomato paste was added to baked egg custard formulation as control (P0) and 1% (P1), 3% (P2), 5% (P3) of the total ingredients used. The data were analyzed using ANOVA and if there was a significant effect on each treatment, it would be followed by Duncan's multiple range test. The results showed that the addition of tomato paste gave a highly significant effect (P < 0.01) on yield and protein content and a significant effect (P < 0.05) on total plate count. The mean value of yield were 88-93.5%, protein 5.9-7.1%, and total plate count 0.13-0.18 x 103 cfu/g. It can be concluded that the best treatment in this study is baked egg custard with the addition of 5% tomato paste based on yield, protein content, and total plate count. Further analysis needs to be done regarding the storage period and the length of baking baked egg custard.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052305
Uncontrolled Keywords: Chicken egg, Baked egg custard, Tomato paste
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:23
Last Modified: 15 Jan 2024 03:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209835
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SEPTIAN GALANG BUDI PRATAMA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item