Leksana, Tafia Layalia and Pusvita Yuana,, SE., M.Sc (2022) Analisis Kelayakan Bisnis Syariah Fesyen Muslim (Studi Kasus pada Bisnis Fesyen Muslim Craftaf). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Konsumsi warga muslim di Indonesia terus mengalami peningkatan dan pertumbuhan seiring terus berkembangnya jumlah umat muslim di seluruh dunia. Hal ini berpengaruh positif kepada bisnis syariah, salah satunya sektor fesyen muslim yang menjadi peringkat tiga dalam jumlah konsumsi. Namun sayangnya peningkatan tersebut tidak dimbangi dengan perkembangan lingkungan bisnis syariah yang baik di dalam negeri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan bisnis syariah rintisan Craftaf yang bergerak di sektor fesyen muslim. Aspek bisinis yang telah ditentukan berdasarkan pada kebutuhan bisnis dan hasil analisis Strength, Weakness, Oportunity dan Threat pada sektor fesyen muslim. Penelitian mengunakan metode observasi internal partispatif untuk mengumpulkan data pada aspek produksi dan keuangan. Selain itu menggunakan metode wawancara untuk aspek sumber daya manusia, terakhir survey dan observasi eksternal untuk aspek pemasaran. Dengan hasil pada setiap aspek yang sepenuhnya layak, penelitian ini disajikan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Selain layak dari hasil penelitian ini craftaf telah sesuai dengan ketentuan syariah dan memiliki keberlanjutan untuk menjalankan usaha kedepannya.
English Abstract
Consumption of Muslims in Indonesia continues to increase and grow as the number of Muslims worldwide continues to grow. This has a positive effect on sharia business, one of which is the Muslim fashion sector which ranks third in the amount of consumption. But unfortunately the increase is not balanced with the development of a good Sharia business environment in the country. This research was conducted to find out the feasibility of Craftaf's pioneering Sharia business engaged in the Muslim fashion sector. Business aspects that have been determined based on business needs and the results of Strength, Weakness, Oportunity and Threat analysis in the Muslim fashion sector. Research uses partispative internal observation methods to collect data on production and financial aspects. In addition, it uses interview methods for aspects of human resources, finally surveys and external observations for marketing aspects. With results on every fully feasible aspect, the study was presented with a descriptive qualitative approach. In addition to the results of this research craftaf has been in accordance with sharia provisions and has sustainability to run the business in the future.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | :0522020551 |
Uncontrolled Keywords: | kelayakan bisnis syariah, produksi, pemasaran, sumber daya manusia, keuangan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 03:21 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 03:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209828 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
tafia layalia.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |