Analisis Tingkat Kesadaran dan Persepsi Pedagang Tentang SNI Pasar Rakyat 8152: 2021 Di Pasar Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Sari, Enda Sartika and Dr. Dwi Retno Andriani., SP., MP. and Jedda Ayu Ingrida,, SP., M.Si (2023) Analisis Tingkat Kesadaran dan Persepsi Pedagang Tentang SNI Pasar Rakyat 8152: 2021 Di Pasar Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar Sawojajar merupakan Pasar yang telah mengalami revitalisasi secara fisik dan merupakan salah satu pasar yang ditargetkan oleh Dinas Perdagangan Kota Malang untuk menjadi Pasar ber-SNI. Sosialisasi terkait pemenuhan indikator SNI Pasar Rakyat juga telah dilakukan kepada pedagang Pasar Sawojajar. Namun Pasar Sawojajar belum bisa mendapatkan sertifikasi SNI Pasar Rakyat 8152: 2021 karena terdapat indikator yang belum memenuhi persyaratan SNI Pasar Rakyat 8152: 2021 pada pasar tipe IV. Salah satu kendala dalam pemenuhan SNI Pasar Rakyat di Pasar Sawojajar adalah perilaku pedagang yang kurang kooperatif terhadap penerapan SNI Pasar Rakyat 8152: 2021. Berdasarkan uraian tersebut, maka penting dilakukan penelitian tingkat kesadaran dan persepsi pedagang tentang SNI Pasar Rakyat 815: 2021 di Pasar Sawojajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat kesadaran, persepsi, dan kategori adopter pedagang dan pengelola tentang SNI Pasar Rakyat 8152: 2021 di Pasar Sawojajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang dilakukan di Pasar Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur pada bulan Mei sampai dengan Juli 2023. Penelitian dimulai dari penelitian lapangan yang meliputi pengumpulan data hingga pengolahan data dan teknik pengambilan sampel atau penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 62 orang pedagang. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini didapatkan Pengelola Pasar Sawojajar memiliki kesadaran yang baik terhadap indikator SNI Pasar Rakyat 8152: 2021. Pedagang Pasar Sawojajar memiliki kesadaran yang kurang terhadap indikator SNI Pasar Rakyat 8152: 2021. Tingkat persepsi pengelola tentang SNI Pasar Rakyat 8152: 2021 adalah persepsi positif. Sebagian besar persepsi pedagang tentang SNI Pasar Rakyat 8152: 2021 adalah persepsi positif. Pedagang yang memiliki persepsi positif tentang SNI Pasar Rakyat 8152: 2021 berjumlah 37 orang dari total 62 responden pedagang. Selain itu, terdapat tiga indikator dengan persepsi negatif yaitu indikator zonasi, indikator digitalisasi dan indikator ruang ASI. Pedagang pasar sawojajar berada pada golongan late majority. Pedagang memiliki kesadaran yang cukup mengenai indikator SNI Pasar Rakyat 8152:2021 dan pedagang juga memiliki persepsi positif apabila SNI Pasar rakyat 8152: 2021 diterapkan di Pasar Sawojajar.

English Abstract

Sawojajar Market is a market that has experienced physical revitalization and is one of the markets targeted by the Malang City Trade Department to become an SNI market. Socialization regarding the fulfillment of SNI indicators for Pasar Rakyat has also been carried out to Sawojajar Market traders. However, Sawojajar Market has not been able to obtain SNI Pasar Rakyat 8152: 2021 certification because there are indicators that do not meet the requirements of SNI Pasar Rakyat 8152: 2021 in type IV markets. One of the obstacles in fulfilling the People's Market SNI at Sawojajar Market is the behavior of traders who are less cooperative regarding the implementation of People's Market SNI 8152: 2021. Based on this description, it is important to research the level of knowledge and perceptions of traders regarding People's Market SNI 815: 2021 at Sawojajar Market. The aim of this research is to describe the level of awareness, perceptions and adopter categories of traders and managers regarding SNI Pasar Rakyat 8152: 2021 at Sawojajar Market. This research used a descriptive quantitative method which was carried out at Sawojajar Market, Kedungkandang District, Malang City, East Java from May to July 2023. The research started from field research which included data collection to data processing and sampling techniques or determining respondents in this research using simple random sampling with a total of 62 respondents as traders. The data analysis technique for this research uses descriptive statistical analysis. The results of this research show that Sawojajar Market Managers have good awareness of the SNI Pasar Rakyat 8152: 2021 indicators. Sawojajar Market Traders have poor knowledge of the SNI Pasar Rakyat 8152: 2021 indicators. The level of management perception regarding SNI Pasar Rakyat 8152: 2021 is a positive perception. Most traders' perceptions of SNI Pasar Rakyat 8152: 2021 are positive. There are 37 traders who have a positive perception of SNI Pasar Rakyat 8152: 2021 out of a total of 62 trader respondents. Apart from that, there are three indicators with negative perceptions, namely the zoning indicator, the digitalization indicator and the breast milk room indicator. Sawojajar market traders are in the late majority group. Traders have sufficient awareness regarding the SNI Pasar Rakyat 8152:2021 indicators and traders also have a positive perception if SNI Pasar Rakyat 8152: 2021 is implemented at Sawojajar Market

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username chikyta
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:04
Last Modified: 15 Jan 2024 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209792
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Enda Sartika Sari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item