Sebaran Polutan Nitrogen Dioksida (NO2) dan Total Suspended Particulate (TSP) di Jalan Ir. Soekarno Kota Batu

Putri, Daffa’ Savira Siswadi and Dr. Ir. J Bambang Rahadi W., MS. and Prof. Dr. Ir. Bambang Suharto, MS. (2023) Sebaran Polutan Nitrogen Dioksida (NO2) dan Total Suspended Particulate (TSP) di Jalan Ir. Soekarno Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penurunan kualitas udara disebabkan oleh pencemaran akibat aktivitas manusia dari kendaraan bermotor. Kendaran bermotor menghasilkan gas emisi akibat dari proses pembakaran yang tidak sempurna antara lain adalah gas NO2. Polutan gas NO2 dan TSP memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan manusia seperti iritasi dan gangguan pernafasan sampai dapat menyebabkan kematian mendadak apabila terpapar dalam waktu yang lama dengan konsentrasi yang tinggi. Kendaraan bermotor mengalami peningkatan tiap tahunnya. Di Kota Batu sendiri saat ini telah terjadi peningkatan kendaraan bermotor khususnya pada akhir pekan. Hal ini terjadi karena Kota Batu merupakan salah satu destinasi wisata populer. Peningkatan kendaraan bermotor ini menyebabkan kepadatan dan kemacetan di beberapa ruas jalan di Kota Batu khususnya Jalan Ir. Soekarno karena jalan tersebut merupakan jalan arteri atau jalan utama untuk masuk ke Kota Batu dari arah Kota Malang. Selain itu, peningkatan kendaraan bermotor ini juga dapat menjadi salah satu penyebab penurunan kualitas udara di Kota Batu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar laju emisi NO2 dan TSP di Jalan Ir. Soekarno, untuk mengetahui konsentrasi NO2 dan TSP di Jalan Ir. Soekarno dan untuk mengetahui sebaran polutan NO2 dan TSP. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data, pegambilan sampel udara, tahap pengolahan data, uji validasi, dan visualisasi zona sebaran pencemaran udara. Pengumpulan data traffic counting dilakukan pada tanggal 7,8,14,15,21,22 Mei 2023 di 3 titik pada pukul 08.00-09.00, 11.00-12.00, dan 14.00-15.00. Hasil sebaran polutan akan dianalisis menggunakan aplikasi ArcMap. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan laju emisi NO2 terbesar adalah pada titik 1 sebesar 1709,88 μg/ms pada minggu sore dan laju emisi TSP terbesar pada titik 1 sebesar 256,90 μg/ms pada senin sore. Hal ini disebabkan karena titik 1 merupakan titik yang paling banyak dilewati oleh kendaraan. Nilai Fraction Bias (FB) untuk parameter NO2 dan TSP masing masing sebesar 0,297077566 dan -1,990226629.

English Abstract

The decline in air quality is caused by pollution due to human activities from motorized vehicles. Motorized vehicles produce emission gases as a result of incomplete combustion processes, including NO2 gas. Gas pollutants NO2 and TSP have a negative impact on human health, such as irritation and respiratory problems that can cause sudden death if exposed for a long time to high concentrations. Motorized vehicles have increased every year. In Batu City itself, there has been an increase in motorized vehicles, especially on weekends. This is because Batu City is a popular tourist destination. The increase in motorized vehicles has caused congestion and congestion on several roads in Batu City, especially Jalan Ir. Soekarno because the road is an arterial road or the main road to enter Batu City from the direction of Malang City. In addition, the increase in motorized vehicles can also be one of the causes of a decrease in air quality in Batu City. The purpose of this study was to determine the emission rate of NO2 and TSP on Jalan Ir. Soekarno, to determine the concentration of NO2 and TSP on Jalan Ir. Soekarno and to find out the distribution of NO2 and TSP pollutants. The research method used is data collection, air sampling, data processing stage, validation test, and visualization of air pollution distribution zones. Traffic counting data was collected on May 7, 8, 14, 15, 21, 22, 2023 at 3 points at 08.00-09.00, 11.00-12.00 and 14.00-15.00. The results of pollutant distribution will be analyzed using the ArcMap application. Based on the results of the research that has been done, the highest NO2 emission rate is at point 1 of 1709.88 μg/ms on Sunday afternoon and the highest TSP emission rate is at point 3 of 256.90 μg/ms on Monday afternoon. This is because point 1 is the point most frequently passed by vehicles. The Fraction Bias (FB) values for NO2 and TSP parameters are 0.297077566 and -1.990226629, respectively.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052310
Uncontrolled Keywords: NO2, Pencemaran Udara, TSP-Air Pollution, NO2, TSP
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email y13w@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:05
Last Modified: 15 Jan 2024 03:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209790
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Daffa' Savira Siswadi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item