Pengaruh Digital Marketing dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Janji Jiwa di Kota Kediri.

Salma, Nurus and Dr. Fadli Mulyadi,, SP., MP. and Septian Maulana Purnama,, SP., MP., MBA. (2023) Pengaruh Digital Marketing dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Janji Jiwa di Kota Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi Janji Jiwa adalah salah satu produk dari brand kopi dari Indonesia yang terhitung telah membuka kurang lebih 900 franchise atau jilid (sebutan untuk outlet Kopi Janji Jiwa) yang pertama kali membuka kedainya pada 15 Mei 2018 yang berlokasi di ITC Kuningan. Menggunakan konsep fresh-to-cup, Kopi Janji Jiwa menyajikan berbagai pilihan kopi lokal Indonesia dengan citra rasa klasik yang mengutamakan kualitas. Banyaknya pesaing dalam bisnis food and beverages sebagai coffee shop menyebabkan persaingan dalam industri tersebut semakin kompetitif. Hal tersebut menjadi tantangan bagi Kopi Janji Jiwa dan perusahaan lainnya untuk unggul dalam persaingan pasar. Berdasarkan rating dari google.com, terdapat beberapa coffee shop yang memiliki rating lebih tinggi dibandingkan dengan Kopi Janji Jiwa. Berdasarkan observasi yang dilakukan terhadap konsumen Kopi Janji Jiwa di Kota Kediri, terdapat kondisi lapang yang ditemukan dan dapat menjadikan pelaku usaha masih perlu untuk memperbaiki atribut produknya. Kondisi tersebut adalah cita rasa yang tidak konsisten, kurang telitinya penyaji mengenai pesanan produk yang diinginkan oleh konsumen, dan penutup kemasan yang kurang rapat. Maka dari itu, penelitian ini menganalisis Pengaruh Digital Marketing dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Janji Jiwa di Kota Kediri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode dalam penentuan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 97 orang responden yang pernah membeli produk Kopi Janji Jiwa di Kota Kediri. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data primer dan data sekunder. Peneliti memperoleh data melalui wawancara dengan pertanyaan di kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS versi 29. Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian konsumen Kopi Janji Jiwa di Kota Kediri, 2) Menganalisis pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen Kopi Janji Jiwa di Kota Kediri. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa variabel Digital Marketing (X1) yang terdiri dari indikator reliability, website design, costumer services, dan privacy dan variabel Atribut Produk (X2) yang terdiri dari indikator kualitas produk, harga, merek, dan kemasan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) Kopi Janji Jiwa di Kota Kediri.

English Abstract

Janji Jiwa Coffee is one of the products of a coffee brand from Indonesia which has also opened approximately 900 franchises or volumes (the name for Janji Jiwa Coffee outlets) which first opened its shop on May 15, 2018 located at ITC Kuningan. Use a fresh-to-cup concept, Janji Jiwa Coffee serves a wide selection of local Indonesian coffee with classic taste images that prioritize quality. The number of competitors in the food and beverages business as coffee shops causes competition in the industry to be more competitive. This is a challenge for Janji Jiwa Coffee and other companies to excel in market competition. Based on ratings from google.com, there are several coffee shops that have a higher rating than Janji Jiwa Coffee. Based on observations made on consumers of Janji Jiwa Coffee in Kediri City, there are field conditions found and can make business actors still need to improve their product attributes. These conditions are inconsistent taste, lack of accuracy in presenting the product order desired by consumers, and less tight packaging covers. Therefore, this study analyzes the Influence of Digital Marketing and Product Attributes on the Purchasing Decisions of Janji Jiwa Coffee Consumers in Kediri City. This research is a type of quantitative research. The method in determining the sample in this study is purposive sampling. This study used a sample of 97 respondents who had purchased Janji Jiwa Coffee products in Kediri City. The data collection method in this study used primary data collection methods and secondary data. Researchers obtained data through interviews with questions in the questionnaire and analyzed using SPSS version 29. This study used Multiple Linear Regression Analysis. This study aims to: 1) Analyze the influence of digital marketing on consumer purchasing decisions of Janji Jiwa Coffee in Kediri City, 2) Analyze the influence of product attributes on consumer purchasing decisions of Janji Jiwa Coffee in Kediri City. Based on the results of this study, it can be concluded that the Digital Marketing variable (X1) consisting of reliability, website design, customer services, and privacy indicators and the Product Attribute variable (X2) consisting of product quality, price, brand, and packaging indicators together have a positive and significant effect on the Purchase Decision (Y) of Janji Jiwa Coffee in Kediri City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Atribut Produk, Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username ismiatun
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:01
Last Modified: 15 Jan 2024 03:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209783
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nurus Salma.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item