Tri Setyo Mardi,, Utomo, and Iswahyuni,, S.Pd., M.Pd., and Agus Gazali,, M.Li. (2021) Factors Affecting Listening Skills at The Fifth Semester Students of English Language Education Program Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
ABSTRAK Utomo, Tri Setyo Mardi, 2019. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Menyimak pada Mahasiswa Semester Lima Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya. Pembimbing: Agus Gozali, S.Pd., M.Li. Menyimak adalah sebuah proses atau aktivitas memperhatikan apa yang didengar dan memahami atau menerjemahkan maksud dari pembicara atau sumber tertentu berdasarkan pengetahuan penerima. Menyimak adalah kunci untuk semua pembelajaran efektif karena itu adalah hal yang pertama kali dilakukan saat kita memulai mempelajari sesuatu, terkhusus Bahasa Inggris. Namun, banyak dari kalangan mahasiswa berhadapan dengan beberapa rintangan yang mempengaruhi kemampuan menyimak mereka. Pada penelitian ini, penulis akan meneliti factor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menyimak. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya dengan 106 mahasiswa semester lima dilibatkan. Penelitian ini menggunakan survey sebagai desain penelitian, menggunakan kuesioner berbasis kertas sebagai instrumen yang diadaptasi dari Questionnaire of Belief ciptaan Lotfi (2012). Hasil penelitian ini meninjukkan bahwasannya ada dua faktor yang dominan disbanding faktor-faktor lain yang memiliki pengaruh besar terhadap kemampuan menyimak siswa. 1) Faktor Context, mengacu pada media yang digunakan pada kegiatan menyimak; dan 2) Faktor Input, terdiri dari keyakinan siswa tentang permasalahan terkait perbedaan aspek aural input (material dan pembicara). Penelitian ini juga menemukan beberapa masalah yang dialami siswa saat melakukan kegiatan menyimak, yaitu: 1) berhadapan dengan kata-kata asing yang muncul pada teks menyimak; 2) berhadapan dengan kata-kata yang tidak diucapkan dengan jelas; 3) berhadapan dengan kecepatan penyampaian berbicara, dan; 4) berhadapan dengan suara tidak jelas yang dihasilkan pemutar kaset kualitas buruk.
English Abstract
ABSTRACT Utomo, Tri Setyo Mardi, 2019. Factors Affecting Listening Skills at The Fifth Semester Students of English Language Education Program Universitas Brawijaya. English language Education Program, Faculty of Cultural Studies, Universitas Brawijaya. Supervisor: Agus Gozali, S.Pd., M.Li. Listening is a process or an activity of paying attention to what we hear and trying to understand or get the meaning intended by speakers or sources based on the recipient’s background knowledge. Listening is the key to all effective learning because it was the first thing to do when we started to learn something, especially English. However, most higher-level students are dealing with some obstacles that affect their listening skills. In this study, the researcher is going to explore the factors affecting listening skills. This research was conducted at English Language Education Program Universitas Brawijaya as 106 participants from the fifth-semester students were involved. This study used a survey study as the research design, using a paper-based questionnaire as the instrument as adapted from Questionnaire of Belief by Lotfi (2012). The result of the study shows that there are two dominant factors beyond others, which have the biggest impact on students’ listening skills. They are; 1) The Context, which refers to media used in listening activities; and 2) The Input, which consists of participants’ beliefs about problems regarding different aspects of aural input (material and speaker). The study also found some problems experienced by the students while doing listening activities, they are: 1) dealing with unfamiliar words that appeared in listening text; 2) dealing with words that are not pronounced clearly; 3) dealing with the speed of speech delivery, and 4) dealing with the unclear sound produced by a poor-quality CD player.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052312 |
Uncontrolled Keywords: | Listening, Factors affecting listening. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with username saputro |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 02:59 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 03:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209778 |
Text
TRI SETYO MARDI UTOMO.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |