Students’ Perceptions toward the Use of Google Classroom in English E-Learning during Covid-19 Pandemic.

Ria Yulia., Sianturi, and Dian Inayati,, S.Pd., M.Ed., and Yulia Hapsari,, S.Pd., M.Pd., (2022) Students’ Perceptions toward the Use of Google Classroom in English E-Learning during Covid-19 Pandemic. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

ABSTRAK Sianturi, R. 2021. Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Masa Pandemi Covid-19. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya. Pembimbing: Dr. Widya Caterine Perdhani, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Google Classroom, bahasa Inggris, persepsi, Covid-19 Proses pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara konvensional, kini telah sepenuhnya dilaksanakan secara dalam jaringan pada masa pandemi Covid- 19. Salah satu adaptasi yang diperlukan guru untuk merespon kondisi tersebut dengan cepat adalah melalui menentukan platform pembelajaran online yang tepat. Google Classroom merupakan platform yang dapat mendukung proses pembelajaran online dilihat dari tingkat popularitas dan penggunaan yang tinggi di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi siswa terhadap penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran online pada mata pelajaran Bahasa Inggris selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan desain sekuensial eksplanatori dalam pengumpulan datanya. Adapun dua teknik yang digunakan adalah kuesioner tertutup yang diadaptasi dari Reza Rossytawati (2018), Iliyasu Hussaini et al. (2020), dan Harefa & Sumiyati (2020); serta wawancara mendalam dengan mengadaptasi pedoman wawancara dari Mulyani (2020). Penelitian ini melibatkan 117 siswa kelas 12 di SMA Panjura Malang sebagai subjek penelitian. Kuesioner terdiri dari 20 item tertutup dengan 4 poin skala Likert untuk mengukur persepsi siswa. Setelah mengumpulkan kuesioner, peneliti menganalisis data dengan Microsoft Excel 2010 dan hasilnya diinterpretasikan dalam bentuk laporan. Kemudian dilakukan wawancara mendalam dengan 3 orang partisipan dari sampel untuk mendapatkan data yang menyeluruh. Wawancara mendalam terdiri dari 6 pertanyaan terbuka yang diinterpretasikan untuk memperoleh data deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas 12 memiliki persepsi positif terhadap penggunaan Google Classroom di masa pandemi Covid- 19. Dengan demikian, disarankan bagi guru bahasa Inggris untuk menghadirkan kelas virtual yang menarik dengan memanfaatkan teknologi secara maksimal. Selain itu, dianjurkan bagi peneliti selanjutnya untuk menyelidiki kasus ini. Dengan memilih guru sebagai subjek penelitian, memungkinkan penelitian selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang lebih beragam dan mendalam.

English Abstract

ABSTRACT Sianturi, Ria Yulia. 2021. Students’ Perceptions toward the Use of Google Classroom in English E-Learning during Covid-19 Pandemic. English Language Education Program, Faculty of Cultural Studies, Universitas Brawijaya. Supervisor: Dr. Widya Caterine Perdhani, S.Pd., M.Pd. Keywords: Google Classroom, English, perception, Covid-19 The learning process that was previously done by meeting physically, or called conventional learning, has now become fully online learning during the Covid-19 pandemic. One of the adaptations that teachers need to respond to this condition immediately is through establishing the right online learning platform. Google Classroom is a platform that can support the online learning process seen from the high level of popularity and usage in Indonesia. Therefore, this study aims to explore students' perceptions of the use of Google Classroom in English E-learning during the Covid-19 pandemic. This study used a mixed-method with explanatory sequential as the design in collecting the data. The data was collected using two techniques: closed-ended questionnaire which adapted from Reza Rossytawati (2018), Iliyasu Hussaini et al. (2020), and Harefa & Sumiyati (2020); and in-depth interview which adapted from Mulyani (2020) interview guidelines. This study involved 117 of the 12th grade students at SMA Panjura Malang as the subject. The questionnaire consisted of 20 close-ended items with 4 point Likert scale to measure students’ perceptions. After gathering the questionnaire, the researcher analysed the data with a Microsoft Excel 2010 and the result was interpreted in the form of a report. Then, an in-depth interview with 3 participants from the sample was conducted to get comprehensive data. The in-depth interview consisted of 6 open-ended questions which were reported descriptively. The results of this study indicated that the 12th grade students have positive perceptions regarding the use of Google Classroom during the Covid-19 pandemic. Therefore, it is recommended for English teachers to present interesting virtual classes by making maximum use of technology. In addition, it is recommended for further researchers to investigate this case. By choosing teachers as the research subject, it might allow the further research to get varied and profound results.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Unnamed user with username saputro
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:46
Last Modified: 15 Jan 2024 02:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209748
[thumbnail of 2021 Ria Yulia Sianturi.pdf] Text
2021 Ria Yulia Sianturi.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item