Ratri, Fransiska Wulan Setyaning and Drs. Dahlan Fanan, M.AB. (2023) Pengaruh Harga dan Word of Mouth (Mulut ke Mulut) terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengunjung Emina Playground Malang Town Square). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perubahan yang disebabkan oleh adanya pandemi COVID-19 di Indonesia mempengaruhi berbagai aspek pada pola perilaku masyarakat terhadap keputusan pembelian. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah Harga dan Word of Mouth (Mulut ke Mulut). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) pengaruh Harga dan Word of Mouth (Mulut ke Mulut) baik secara parsial dan simultan terhadap Keputusan Pembelian; (2) variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengunjung Emina Playground Malang Town Square dengan menetapkan beberapa kriteria yang ditujukan pada 116 responden. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah non probability sampling menggunakan purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis linier berganda. Pengujian hipotesis menggunakan Uji t dan Uji F dengan bantuan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Harga dan Word of Mouth (Mulut ke Mulut) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian; (2) Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian; (3) Word of Mouth (Mulut ke Mulut) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Selain itu, variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian ialah Harga.
English Abstract
Changes caused by the COVID-19 pandemic in Indonesia affect various aspects of people's behavior patterns to purchase decisions. One of the factors that influence this is Price and Word of Mouth. This study aims to determine and explain: (1) the effect of Price and Word of Mouth both partially and simultaneously on Purchase Decision; (2) variables that have a dominant influence on Purchase Decision. The type of research used in this research is explanatory research with a quantitative approach. The population used in this study were Emina Playground Malang Town Square visitors by setting several criteria aimed at 116 respondents. The sampling technique in this study was non probability sampling using purposive sampling. Data analysis in this study using descriptive analysis and multiple linear analysis. Hypothesis testing using the t test and F test with the help of the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) version 26. The results showed that: (1) Price and Word of Mouth simultaneously have a significant effect on Purchase Decision; (2) Price partially has a significant effect on Purchase Decision; (3) Word of Mouth partially has a significant effect on Purchase Decision. In addition, the variable that has a dominant influence on Purchase Decision is Price.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030599 |
Uncontrolled Keywords: | Harga, Word of Mouth, Keputusan Pembelian |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 06:57 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 06:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209706 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fransiska Wulan Setyaning Ratri.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |