Analisis Peran Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen lokal dan Dampaknya Terhadap Tingkat Penjualan Usaha Udang Vaname di PT Palapa Makmur Berdikari Desa Pengubaian Provinsi Bengkulu

Dewantoro, Muhamad Ari and Dr. Ir. Anthon Efani, MP (2022) Analisis Peran Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen lokal dan Dampaknya Terhadap Tingkat Penjualan Usaha Udang Vaname di PT Palapa Makmur Berdikari Desa Pengubaian Provinsi Bengkulu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Kaur memiliki potensi yang paling luas untuk pengembangan tambak di wilayah pesisir. Berdasarkan data dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu, potensi tersebut baru dimanfaatkan sebagian kecil saja. Potensi tersebut baru dimanfaatkan dan salah satunya di Desa Pengubaian Kecamatan Kaur oleh PT. Palapa Makmur Berdikari yang bergerak di bidang tambak udang vaname (Litopenaeus vannamei). Tujuan penelitian ini untuk menganalisi peran kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen lokal dan dampaknya terhadap tingkat penjualan usaha. Teknik pengambilan sampel menggunakan lemeshow method dan diperoleh 100 sampel konsumen. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer yang terdiri dari (1) karakteristik konsumen , (2) kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen, (3) tingkat penjualan usaha. Data sekunder terdiri dari kondisi umum lokasi penelitian dan kondisi perikanan. Metode analisis yang digunakan yaitu deskriptif statistik untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen, regresi probit untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan propensity score matching untuk menganalisis dampak kepuasan konsumen lokal terhadap tingkat penjualan usaha. Dari hasil analisis regresi probit terdapat 3 variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen lokal dalam membeli udang vaname di PT Palapa Makmur Berdikari. Adapun variabel yang berpengaruh signifikan yaitu variabel bukti fisik (X1), jaminan (X4) dan empati (X5), sedangkan dua variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu keandalan (X2) dan daya tangkap (X3). Hasil analisis dampak kepuasan konsumen lokal terhadap tingkat penjualan usaha dengan menggunakan propensity score matching diperoleh hasil bahwa kepuasan konsumen berdampak positif dan signifikan terhadap tingkat penjualan, yaitu dimana konsumen yang merasa puas memiliki tingkat penjualan lebih tinggi sebesar 2.3 Kg dibandingkan dengan konsumen yang tidak merasa puas.

English Abstract

North Bengkulu Regency has the widest potential for the development of ponds in coastal areas. Based on data from the Bengkulu Province Maritime Affairs and Fisheries Service, only a small part of this potential has been utilized. This potential has just been utilized and one of them is in Pengubaian Village, Kaur District by PT. Palapa Makmur Berdikari which is engaged in vaname shrimp (Litopenaeus vannamei) ponds. The purpose of this study is to analyze the role of service quality on customer satisfaction and its impact on the level of business sales. The sampling technique used the lemeshow method and obtained 100 samples of consumers. The data used in this study are primary data consisting of (1) consumer characteristics, (2) service quality and customer satisfaction, (3) business sales level. Secondary data consists of the general condition of the research site and the condition of the fishery. The analytical method used is descriptive statistics to describe consumer characteristics, probit regression to analyze the effect of service quality on customer satisfaction and propensity score matching to analyze the impact of consumer satisfaction on business sales levels. From the results of the probit regression analysis, there are 3 variables that have a significant effect on consumer satisfaction in buying vaname shrimp at PT Palapa Makmur Berdikari. The variables that have a significant effect are physical variables (X1), assurance (X4) and empathy (X5), while two variables that do not have a significant effect on consumer satisfaction are evidence (X2) and capture power (X3). The results of the analysis of the impact of consumer satisfaction on the level of business sales by using a trend score matching obtained the results that consumer satisfaction has a positive and significant impact on sales levels, namely where satisfied consumers have higher sales levels of 2.3 Kg compared to consumers who are not satisfied.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522080599
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Penjualan Usaha-Service Quality, Consumer Satisfaction, Business Sales
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 Jan 2024 01:59
Last Modified: 15 Jan 2024 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209677
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhamad Ari Dewantoro.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item