Zahara, Ratna and Dr. Ns. Retno Lestari, S.Kep., M.Nurs. and Ns. Ika Setyo Rini, S.Kep., M.Kep (2014) Hubungan Kecemasan Akademik dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa Baru Angkatan 2022 Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mahasiswa baru pada tahun pertama memiliki kerentanan mengalami rasa cemas pada tahapan akademik. Hal ini dapat disebabkan oleh tuntutan untuk beradaptasi pada situasi, suasana, dan lingkungan perkuliahan. Kecemasan yang terjadi pada masa akademik dapat menimbulkan perubahan pada siklus tidur. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi korelasi antara kecemasan akademik dan kualitas tidur pada mahasiswa baru PSIK angkatan 2022. Menggunakan rancangan observasi analitik cross sectional study. Digunakan 124 mahasiswa baru yang terlibat dari 180 populasi yang ada di PSIK 2022. Angket pengukuran untuk menilai kecemasan akademik menggunakan aspek-aspek dari Ottens (1991), sedangkan untuk menilai kualitas tidur menggunakan PSQI. Uji korelasi menggunakan Spearman Rank dengan aplikasi SPSS versi 25 for Windows. Hasil penelitian didapatkan mayoritas memiliki kecemasan akademik sedang sebanyak 98 orang (79%), sedangkan kualitas tidur kebanyakan pada tingkat buruk sebanyak 82 orang (66.1%). Berdasarkan tabulasi silang kebanyakan mahasiswa baru dengan kecemasan akademik sedang memiliki kualitas tidur yang buruk sebanyak (49.2%), serta hasil korelasi didapatkan nilai signifikasi (0.002) lebih kecil (<) dari α (0.005) yang menandakan nilai positif dan hubungan cukup kuat. Kesimpulan penelitian ialah, adanya korelasi searah pada kecemasan akademik dan kualitas tidur pada maba PSIK 2022 Universitas Brawijaya.
English Abstract
New students in the first year are vulnerable to experiencing anxiety at the academic stage. This can be caused by the demand to adapt to the situation, atmosphere, and environment of the lecture. Anxiety that occurs during the academic period can cause changes in the sleep cycle. The purpose of this study was to identify the correlation between academic anxiety and sleep quality in new student PSIK 2022. Using a cross sectional study analytic observation design. 124 new students were involved from a population of 180 in the PSIK 2022. Measurement questionnaire to assess academic anxiety using aspects of Ottens (1991), while to assess sleep quality using PSQI. The correlation test used Spearman Rank with the SPSS version 25 for Windows application. The results showed that the majority had moderate academic anxiety as many as 98 people (79%), while the quality of sleep was mostly at a poor level as many as 82 people (66.1%). Based on cross tabulation, most new students with moderate academic anxiety have poor sleep quality as much as (49.2%), and the correlation results obtained a significance value (0.002) smaller (<) than α (0.005) which indicates a positive value and a fairly strong relationship. The conclusion of the study is, there is a unidirectional correlation in academic anxiety and sleep quality in new student PSIK 2022 Brawijaya University.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052316 |
Uncontrolled Keywords: | Mahasiswa Baru, Kecemasan Akademik, Kualitas Tidur | New Students, Academic Anxiety, Sleep Quality |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Nur Subchan |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 06:51 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 06:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209630 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ratna Zahara.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |