EFL Students’ Perceptions in Making Video Assignment to Motivate High School Students to Speak English.

Ramadhan, Muhammad Halim and Dr. Sugeng Susilo Adi, M.Pd. (2023) EFL Students’ Perceptions in Making Video Assignment to Motivate High School Students to Speak English. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa EFL terhadap motivasi mereka berbicara bahasa Inggris dengan membuat tugas video bahasa Inggris. Faktor eksternal seperti motivasi tidak mendapat banyak perhatian dalam penelitian yang mencakup pendidikan khususnya di kelas EFL Indonesia di sekolah menengah. Motivasi dalam penelitian ini dikategorikan sebagai aspek psikologis yang dapat mempengaruhi keberhasilan proses belajar dan pengalaman belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi siswa sekolah menengah dalam belajar berbicara bahasa Inggris melalui tugas video dan pendapat mereka tentang aspek afektif selama pembuatan video terhadap proses pembelajaran bahasa Inggris lisan mereka. Untuk menilai persepsi siswa EFL, penelitian ini meneliti 146 siswa SMA dari SMAN 6 Malang, Jawa Timur sebagai partisipan penelitian. Penelitian ini menggunakan studi survei dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari partisipan, yang menggunakan pertanyaan pilihan ganda, pertanyaan Skala Likert empat poin, dan pertanyaan terbuka. Kuesioner ini mencakup tiga dimensi termasuk pertanyaan yang berkaitan dengan kemampuan berbicara siswa; persepsi siswa terhadap penggunaan tugas video; dan pengalaman siswa sendiri dalam membuat video yang menggabungkan keterampilan berbicara. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa EFL bahasa Indonesia sudah pada tingkat yang layak namun beberapa masalah yang sering ditunjukkan oleh siswa adalah kurangnya kosa kata, masalah pengucapan, dan kurangnya latihan. Dalam hal tugas video yang menggabungkan keterampilan berbicara, siswa merasa sangat terbantu terutama dalam hal kesadaran diri berbicara dan mendorong mereka untuk berbicara bahasa Inggris dengan lebih baik. Lebih lanjut, siswa percaya bahwa efektivitas tugas video dinyatakan signifikan karena dukungan teknologi media modern lainnya dalam pembuatan video (kamera, ponsel pintar, aplikasi pengeditan video). Faktor lain yang mempengaruhi adalah ketersediaan media yang menurut sebagian siswa kurang memadai dan masalah ketekunan umum yang dihadapi siswa dalam mengerjakan tugas (malas, terlalu banyak persiapan, lebih suka mengerjakan tugas di kelas). Temuan ini menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa dapat dipengaruhi tidak hanya oleh motivasi tetapi juga gaya belajar dan lingkungan yang disukai. Hal ini menyiratkan pentingnya memfasilitasi kebutuhan siswa dalam belajar dan mengetahui latar belakang motivasi siswa untuk belajar berbicara bahasa Inggris.

English Abstract

This research intends to ascertain EFL students’ perceptions towards their motivation to speak English by making English video assignments. External factor such as motivation didn’t have much attention in research encompassing education especially within the Indonesian EFL classroom in secondary school. Motivation within this research is categorized as psychological aspect that may affect students succesful learning process and learning experience. This study aims to examine high school students' motivation in learning to speak English through video assignments and their opinion on affective aspects during the creation of the video toward their process of learning spoken English. To assess the EFL students’ perceptions, the present research examines 146 highschool students from SMAN 6 Malang, East Java as the participants of the research. The research utilizes survey study using questionnaire to collect the data from the participants, which use multiple choice questions, four-point Likert Scale questions, as well as open-ended questions. The quetionnaire involves three dimensions including questions related to the students’ speaking ability; students’ perceptions toward the use of video assignments; and students’own experiences in creating video in incorporating speaking skill. The findings within the research suggested that Indonesian EFL students’ speaking ability was already at decent level however some issues that are frequently pointed out by the students were lack of vocabulary, pronunciation problem, and lack of practice. On the term of video assignments in corporating speaking skill, students found it astoundingly helpful especially in term of speaking self-awareness and as away to encourage them to speak better English. Furthermore, students believe that the effectiveness of video assignments was stated to be significant due to the technological support of other modern media in video creation (camera, smartphone, video editing app). Other influencing factors were media availability which was explained to be unsufficient to some students and general diligency problem faced by students in doing assignments (being lazy, too much preparation, prefer doing assignment in classroom). This implies the importance of facilitating students need in learning and acknowledging students’ motivational background to learn speaking English.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: Tugas video, siswa EFL, Persepsi, Bahasa Inggris Lisan, Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: maria
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:51
Last Modified: 12 Jan 2024 08:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209570
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Halim Ramadhan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item