Nilai Religius Dalam Tradisi Jeguran Pada Peringatan Malam Satu Syuro Di Desa Kajen Kabupaten Pati

Bachtiar, Mochammad Luthfy and Maulfi Syaiful Rizal, S.Pd., M.Pd (2023) Nilai Religius Dalam Tradisi Jeguran Pada Peringatan Malam Satu Syuro Di Desa Kajen Kabupaten Pati. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tulisan ini disusun dan dibuat untuk mengkaji dan menganalisis proses pelaksanaan dan nilai religi yang terdapat pada tradisi Jeguran pada peringatan malam satu syuro di desa Kajen, Kabupaten Pati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini didapat dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ialah tradisi jeguran pada peringatan malam satu syuro di desa Kajen, kab. Pati. Objek penelitian yaitu masyarakat di desa Kajen, Kabupaten Pati. Hasil dalam penelitian ini ditemukan bahwa tradisi ini memiliki persiapan lebih dahulu dalam pelaksanaannya. Persiapan dimulai dengan rapat panitia, pembacaan doa, dan menguras kolam yang dijadikan tempat ritual untuk diisi dengan air bersih. Kemudian pelaksaan dilakukan ba’da isya atau sekitar pukul 19.00 WIB sampai tengah malam bergantian antara anak-anak dan orang dewasa. Adapaun nilai-nilai religi yang terdapat dalam tradisi tersebut terdiri dari segi dimensi keyakinan, dimensi peribadatan, dimensi pengamalan, dimensi pengetahuan, dan dimensi penghayatan.

English Abstract

This paper was compiled and created to study and analyze the implementation process and religious values contained in the Jeguran tradition at the one syuro night commemoration in Kajen village, Pati Regency. The method used in this study is descriptive qualitative with an ethnographic approach. Data collection techniques in this study were obtained from observations, interviews, and documentation. The research subject is the jeguran tradition at the first syuro night commemoration in Kajen village, district. Starch. The object of research is the people in the village of Kajen, Pati Regency. The results in this study found that this tradition had prior preparation in its implementation. Preparation begins with a committee meeting, reading prayers, and draining the pond which is used as a ritual place to be filled with clean water. Then the implementation is carried out after isya or around 19.00 WIB until midnight alternating between children and adults. The religious values contained in this tradition consist of the dimensions of belief, the dimension of worship, the dimension of practice, the dimension of knowledge, and the dimension of appreciation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: tradisi lisan, jeguran, nilai religi
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: maria
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:25
Last Modified: 12 Jan 2024 08:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209490
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mochammad Luthfy Bachtiar.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item