Pengaruh Penerimaan Video Edukasi Pajak Terhadap Niat Kepatuhan Pajak (studi pada Mahasiswa di Jawa Timur)

Pratama, Achmada Putra and Saparila Worokinasih,, Dr., S.Sos, M.Si and Dewi Noor Fatikhah Rokhimakhumullah.,, SE., MSA., Ak. (2022) Pengaruh Penerimaan Video Edukasi Pajak Terhadap Niat Kepatuhan Pajak (studi pada Mahasiswa di Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada masa pandemi, masyarakat Indonesia cenderung menggunakan media sosial untuk mendapatkan informasi. Perubahan sistem informasi di Masyarakat tersebut dapat membantu pemerintah guna memberikan edukasi perpajakan. Platform video merupakan salah satu jenis media sosial yang dimanfaatkan oleh DJP guna memberikan edukasi perpajakan pada masa pandemi. TAM dapat digunakan untuk mengetahui penerimaan video dalam edukasi perpajakan yaitu dengan memanfaatkan PU dan PEOU. Setelah diketahui penilaian masyarakat atas penerapan video dalam edukasi perpajakan kemudian TPB digunakan untuk memprediksi dampak dari nilai tersebut terhadap niat kepatuhan pajak mahasiswa di Jawa Timur. Populasi penelitian ini dibatasi pada mahasiswa yang berasal dari UB dan UNAIR dengan total 100 responden dengan 50 responden yang berasal dari masing-masing universitas. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara daring yang kemudian diolah dengan bantuan aplikasi SMART PLS 3.3. Berdasarkan hasil dari olah data penelitian ini menyimpulkan bahwa PU atas penerapan video dalam edukasi perpajakan berpengaruh signifikan terhadap sikap/penilaian pengguna atas penerapan video dalam pembelajaran perpajakan. Hal yang sama juga terdapat pada hasil dari PEOU berpengaruh signifikan terhadap sikap dari pengguna. Kemudian penilaian positif yang diberikan oleh pengguna atas penerapan video dalam edukasi perpajakan juga mempengaruhi niat perilaku dari mahasiswa perpajakan untuk patuh terhadap kewajiban perpajakan mereka.

English Abstract

During the pandemic, Indonesians tend to use social media to get information. Changes in the information system in the community can help the government to provide tax education. The video platform is one type of social media used by the DJP to provide tax education during the pandemic. TAM can determine video receipts in tax education by utilizing PU and PEOU. After knowing the public's assessment of the application of video in tax education, TPB is used to predict the impact of that value on the tax compliance intentions of students in East Java. This study's population was limited to students from UB and UNAIR, with a total of 100 respondents and 50 respondents from each university. Data in this study were collected through the distribution of online questionnaires, which were then processed with the help of the SMART PLS 3.3 application. Based on the data processing results, this study concludes that PU on the application of video in tax education significantly affects user attitudes/assessments of the application of video in taxation learning. The same thing is also found in the results of PEOU having a significant effect on users' attitudes. Then the positive assessment users give on the application of videos in tax education also affects the behavioral intentions of tax students to comply with their tax obligations

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Video Edukasi Pajak, TAM, TPB, PU, PEOU, Sikap Penerapan, Niat Kepatuhan Pajak, PLS, Mahasiswa di Jawa Tim-
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Emy Sukartini
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:46
Last Modified: 12 Jan 2024 08:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209483
[thumbnail of Dalam masa EMBARGO] Text (Dalam masa EMBARGO)
ACHMADA PUTRA PRATAMA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item