Analisis Pembentukan dan Makna Fukugoukeiyoushi ~fukai dalam Anime.

Andriyawan, Moch. Nurdin. and Ulfah Sutiyarti, S.Pd., M. Pd (2023) Analisis Pembentukan dan Makna Fukugoukeiyoushi ~fukai dalam Anime. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai fukugoukeiyoushi kepada para pembelajar bahasa Jepang. Fokus pada penelitian ini adalah untuk meneliti struktur pembentukan dan makna yang dihasilkan oleh pembentukan fukugoukeiyoushi ~fukai yang menggunakan sumber data anime. Penelitian ini menggunakan teori pada penelitian Tamura (2006) untuk menjabarkan macam-macam kata yang bisa bergabung dengan ~fukai menjadi fukugoukeiyoushi. Untuk menganalisis makna yang dihasilkan oleh fukugoukeiyoushi ~fukai, penelitian ini menggunakan kamus online kotbank.jp dan klasifikasi jenis makna kata yang ada pada ilmu semantik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik dokumentasi untuk mengumpulkan data. Sumber data penelitian ini adalah lima judul franchise anime yaitu, Tokyo Ghoul, Bungou Stray Dogs, Code Geass, Kuroko no Basuke, dan Mob Psycho 100. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan bahwa kelas kata yang dapat digabungkan dengan fukugoukeiyoushi ~fukai adalah kata benda dan kata kerja bentuk konjungtif. Lalu, kata yang dapat bergabung menjadi fukugoukeiyoushi ~fukai adalah 興味(kyoumi), 疑り(utaguri), 罪(tsumi), 奥(oku), 根(ne), 地下 (chika), 用心(youjin), 森(mori), 感慨(kangai), dan 慈悲(jihi). Selanjutnya, terdapat dua makna yang dapat dihasilkan oleh penggabungan fukugoukeiyoushi ~fukai, yaitu menyatakan ‘kedalaman’ dan menyatakan ‘derajat yang tinggi’ pada hal tertentu. Fukugoukeiyoushi ~fukai memiliki makna leksikal dan gramatikal. Fukugoukeiyoushi ~fukai menghasilkan makna denotatif ataupun konotatif dan mengalami perubahan makna dari khusus ke umum. Terdapat temuan baru yang menyimpulkan bahwa makna menyatakan ‘kedalaman’ selalu memiliki akar kata yang menyatakan ‘tempat’. Sedangkan makna ‘derajat yang tinggi’ selalu memiliki akar kata yang berhubungan dengan ‘perasaan’ atau ‘sifat’.

Other obstract

この研究の目的は、日本語学習者に複合形容詞に関して教えてもら うことです。この研究は、アニメをデータソースとして、複合形容詞「~ 深い」の語構成と意味に主眼を置いている。 本研究では、田村(2006)の理論で複合形容詞の「~深い」と組み合 わせることができる言葉を説明することです。複合形容詞の「~深い」が 生成された意味を分析するため、kotobank.jp のオンライン辞書と意味論か ろの意味分類を用いている。 この研究では、定性的な記述法を用いている。そして、ドキュメン テーション手法でデータを集めている。この研究のデータソースは、「東 京喰種」「文豪ストレイドッグス」「コードギアス」「黒子のバスケ」 「モブサイコ100」というアニメである。 この研究の結果、3つ結論が得られました。複合形容詞の「~深 い」は名詞と動詞の連用形と組み合わせることができます。そして、組み 合わせることができる言葉は「興味」、「疑り」、「罪」、「奥」、 「根」、「地下」、「用心」、「森」、「感慨」、「慈悲」という言 葉である。それから、複合形容詞の「~深い」から生み出される意味は二 つあります。距離や深さを表現し、高い程度を表現するという意味である。 合形容詞の「~深い」には、語彙的と文法的な意味があります。合形容詞 の「~深い」は明示的と暗示的な意味を生み出すことができます。それよ り、「深い」は意味の拡大を経験することである。2 つの新しい発見があ ります。距離や深さの意味は、必ず場所を表現する語幹を用いている。高 い程度の意味では感情や性質に関する語幹を用いている。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: Morfologi, Semantik, Fukugoukeiyoushi, Anime
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: maria
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:13
Last Modified: 12 Jan 2024 08:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209474
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Moch.nurdin Andriyawan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item