Pelanggaran Konsep 菩萨戒 Púsà Jiè pada Buddhisme Mahayana pada Tokoh 大士 Dà Shì dalam Animasi 非人哉Fēi rén zāi.

Nurhamidah, Mida Khaerani. and Galih Edy Nur Widyaningsih, B.Ed., MTCSOL (2023) Pelanggaran Konsep 菩萨戒 Púsà Jiè pada Buddhisme Mahayana pada Tokoh 大士 Dà Shì dalam Animasi 非人哉Fēi rén zāi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelanggaran terhadap suatu standar hidup tertentu, umumnya terjadi pada individu biasa, namun beranomali dengan gagasan tersebut, pelanggaran terjadi pada karakter 大士 Dà Shì yang merupakan bodhisattva 观音 Guānyīn dalam animasi 非人哉 Fēi rén zāi. Padahal, 观音 Guānyīn dalam konteks Buddhisme Mahayana merupakan manifestasi ideal dari wujud kebuddhaan yang saleh dan berwelas asih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan kategori pelanggaran konsep 菩薩戒 Púsà Jiè pada Buddhisme Mahayana yang dilakukan oleh tokoh 大士 Dà Shì pada animasi 非人哉 Fēi rén zāi dan menggunakan semiotika John Fiske sebagai pendekatan untuk menganalisis penelitiannya. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dipakai sebagai metode penelitiannya. Hasil penelitian yang diperoleh dalam bentuk pelanggaran berjumlah 22 data serta bentuk kategori pelanggaran berupa 6 data kategori pelanggaran primer dan 16 data kategori pelanggaran sekunder.

Other obstract

违反某种生活标准的人物一般发生在平人身上,但是与此相反,这种违反发生在非人哉动画中的观音菩萨大士。大乘佛教中的观音菩萨是一种虔诚与慈悲佛性的理想体现。本研究的目的是描述大乘佛教菩萨理念违反于非人哉动画大士人物的形式和类别用John Fiske的符号学作为分析研究的方法。研究方法用定性描述。研究结果包括22个违反人物的形式、6个违反人物的主要类别和16个违反人物的次要类别。 关键词:菩萨,佛教,违反,菩萨戒

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: bodhisattva, buddhisme, pelanggaran, pusa jie
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: maria
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:09
Last Modified: 12 Jan 2024 08:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209457
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MIDA KHAERANI NURHAMIDAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item