Pecandu Smartphone Sebagai Ide Penciptaan Karya Seni Grafis.

Agam M Pagaribuan, Reki and I Kadek Yudi Astawan,, M.Sn. and Romy Setiawan,, S.Pd., M.Sn., (2022) Pecandu Smartphone Sebagai Ide Penciptaan Karya Seni Grafis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

ABSTRAK Rezki Agam M P. 2017. Pecandu Smartphone Sebagai Ide Penciptaan Karya Seni Grafis. Program Studi Seni Rupa Murni, Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Brawijaya. Pembimbing : Romy Setiawan. S.Pd., M.Sn. Kata Kunci : Pecandu Gadget, Seni, Grafis, Cukil Melalui pandangan dan pengalaman penulis, dengan hadirnya smartphone juga membawa pengaruh negatif yang berimbas pada manusia. Kejadian tersebut terjadi karena manusia menggunakan smartphone terlalu menikmati secara berlebihan, sehingga sampai lupa akan waktu luang mereka yang seharusnya bisa memanfaatkan waktu tersebut kepada kegiatan lainnya. Pada konteks ini penulis mengarahkan pandangan kepada aspek negatif atau pengaruh buruk dari smartphone tersebut. Dengan penciptaan karya seni grafis. Smartphone merupakan tema besar yang diangkat oleh penulis sebagai objek yang berpengaruh dari dampak kecanduan bagi beberapa kalangan orang yang dimana smartphone yang biasanya digunakan untuk hal-hal penting saja dan dipakai secukupnya namun malah menyalah gunakan ke hal-hal tertentu, sehingga penulis dapat memahami dan menjadikan smartphone sebagai objek atau sarana untuk tema yang akan diangkat. Sebagai realisasi perwujudan karya, penulis menggunakan metode penciptaan yang terdiri dari tahap eksplorasi, tahap perancangan, tahap perwujudan. Pada permasalahan penulis menggunakan konsep Metafor merupakan penyampaian bahasa atau ungkapan pemaknaan ulang dan juga cara viii berkomunikasi dalam mengekspresikan perasaan dan logika berpikir Kemudian dalam segi teknik penulis menggunakan cetak tinggi dengan menggunakan alat pisau cukil(Cutting) dan pewarnaan menggunakan Hand Colouring.

English Abstract

ABSTRACK Rezki Agam M P. 2017. Smartphone addicts as an idea of creating graphic. Fine Arts Study Program, Faculty of Cultural Sciences.Universitas Brawijaya. Supervisor : Romy Setiawan. S.Pd., M.Sn. Keywords: Gadgets Addict, Art, Graphic, cutting Through the author's views and experiences, the presence of smartphones also has a negative impact on humans. This incident occurs because humans use smartphones to enjoy excessively, so that they forget their free time which should be able to use that time for other activities. In this context the author directing one's eyes to the negative aspects or bad influences of the smartphone. With the creation of works of graphic art. Smartphones are a big theme raised by the author as an influential object of the impact of addiction for some people, where smartphones are usually used for important things only and are used sparingly but instead misuse them for certain things, so that the author can understand and make smartphone as an object or means for the theme to be raised. As the realization of the embodiment of the work, the author uses the method of creation which consists of the exploration stage, the design stage, and the embodiment stage. In the problem, the writer uses the concept of Metaphor, which is the delivery of language or expressions of reinterpretation and also how to communicate in expressing feelings and logical thinking. Then in terms of x technique, the writer uses high print using a cutting knife and coloring using Hand Coloring.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Seni Rupa Murni
Depositing User: Unnamed user with username saputro
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:04
Last Modified: 12 Jan 2024 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209452
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
REZKI AGAM M PANGARIBUAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item