Analisis Penggunaan Media Mind Map Pada Pembelajaran Bahasa Jepang Secara Daring Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Bahasa SMAN 1 Batu.

Fitri Milenia, Pratika and Wiranto Aji Dewandono,, S.PD, M.PD, and Ulfah Sutiyarti,, S.Pd., M.Pd., (2022) Analisis Penggunaan Media Mind Map Pada Pembelajaran Bahasa Jepang Secara Daring Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Bahasa SMAN 1 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

ABSTRAK Milenia, Pratika Fitri. 2022. Analisis Penggunaan Media Mind Map Pada Pembelajaran Bahasa Jepang Secara Daring Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Bahasa SMAN 1 Batu. Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Jurusan Pendidikan Bahasa, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya. Pembimbing: Ulfah Sutiyarti Kata Kunci: media mind map, minat, motivasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media mind map dalam pembelajaran bahasa Jepang siswa kelas X Bahasa SMAN 1 Batu yang dilakukan secara daring. Dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus – 11 September 2021 dengan responden yang berjumlah 20 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran kuantitatif-kualitatif (mix metod). Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, angket, dan wawancara. Angket disebar kepada responden dengan menggunakan Google Form. Kemudian data diperkuat dengan metode wawancara. Teori yang digunakan adalah teori Slameto mengenai empat indikator minat belajar, yaitu perasaan senang, ketertarikan, penerimaan, dan keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media mind map membuat siswa dapat lebih aktif, berpartisipasi, meningkatkan minat serta motivasi belajar dan menyenangkan. Mind map membuat siswa lebih fokus, pembelajaran lebih menarik, materi mudah dipahami dan kosakata bahasa Jepang mudah diingat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Unnamed user with username saputro
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:52
Last Modified: 12 Jan 2024 07:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209416
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Pratika Fitri Milenia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item