Safitri, Mella. and Wiranto Aji Dewandono, S.Pd., M.Pd (2023) Persepsi Siswa Terhadap Media Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis QR Game Pada Implementasi Kurikulum Merderka Kelas X di SMAN 7 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Di era digital ini, teknologi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan dan gaya belajar siswa. Melalui pendekatan metode deskriptif kuantitatif, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana persepsi siswa terhadap pembelajaran bahasa Jepang dengan menggunakan game QR sebagai alat bantu pembelajaran, dengan harapan dapat meningkatkan tingkat kesenangan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini melibatkan siswa kelas X di SMAN 7 Malang sebagai sampel, dan data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup yang diambil secara acak dari 84 siswa. Proses penelitian terdiri dari tiga tahap, yaitu persiapan (meliputi observasi awal, studi literatur, dan pembuatan media), pelaksanaan, dan analisis data. Dari hasil uji coba, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan minat dan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari setelah diterapkannya game-based learning menggunakan media pembelajaran berbasis QR game.
Other obstract
このデジタル時代には、生徒のニーズや学習スタイルに合わせて、テクノロ ジーを可能な限り活用する必要があります。本研究では、記述的計量法を用 いて、QR ゲームを学習ツールとする日本語学習について、楽しい学習を実 践するための学習者の意識を分析することを目的としています。本研究のサ ンプルは SMAN 7 Malang のXクラスであり、データ収集は単純無作為抽出法 によるクローズド・アンケートを用いて99名の生徒を対象に行われた。研究 のステップとしては、準備(初期観察、文献調査、メディア作成)、実施、 分析があります。試験結果より、QR ゲーム型学習メディアを用いたゲーム 型学習実施後、学習者の日本語学習に対する興味や理解の向上が見られると 結論づけられます。
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052312 |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, QR Game, Persepsi. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang |
Depositing User: | maria |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 07:54 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 07:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209383 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mella Safitri.pdf Restricted to Repository staff only until December 2025. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |