Arfiliesia, Fidela Rabalqis Putri and Drs. Dahlan Fanani, M.AB. (2023) Pengaruh Citra Merek (Brand Image) terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Ibu-Ibu Pengajian di Majelis Ta’lim Yaa Lathif Kota Blitar Pembeli Kosmetik Wardah)”,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tiga variabel independen dari Citra Merek yaitu Citra Perusahaan (X₁), Citra Konsumen (X₂), Citra Produk (X₃) terhadap variabel dependen Keputusan Pembelian Kosmetik (Y). Jenis penelitian ini adalah Explanatory Research dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di Majelis Ta’lim Yaa Lathif. Penelitian ini menggunakan skala Likert 1-5. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 116 orang responden yaitu konsumen Kosmetik Wardah yang pernah melakukan pembelian minimal 2 kali dalam 2 bulan terakhir, berusia 25-60 tahun. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online. Uji instrumen yang digunakan adalah Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Penelitian ini menggunakan Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil Uji F penelitian menunjukkan bahwa variabel independen Citra Perusahaan (X₁), Citra Konsumen (X₂), Citra Produk (X₃) berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap variabel dependen Keputusan Pembelian Kosmetik (Y) dengan hasil F hitung 27,921 > F tabel 2,69 dan signifikansi F sebesar 0,000 < 0,05. Hasil dari Uji t menunjukkan Variabel independen Citra Perusahaan (X₁) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan dengan hasil t hitung > t tabel (2,420 > 1,981) dan nilai signifikansi t (0,017) < 0,05, Citra Konsumen (X₂) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan dengan hasil t hitung > t tabel (2,072 > 1,981) dan nilai signifikansi t (0,038) < 0,05, Citra Produk (X₃) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan dengan hasil t hitung > t tabel (6,143 > 1,981) dengan nilai signifikansi t (0,000) < 0,05. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa Variabel Citra Perusahaan (X1), Citra Konsumen (X2), dan Citra Produk (X3) berkontribusi sebesar 0,413 terhadap, sisanya sisanya sebesar 58,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
English Abstract
This research aims to determine the relationship between three independent variables of Brand Image, namely Company Image (X₁), Consumer Image (X₂), Product Image (X₃) on the dependent variable Purchase Decision Cosmetics (Y). This type of research is Explanatory Research with a quantitative approach carried out at the Yaa Lathif Ta'lim Council. This research uses a Likert scale of 1-5. The sampling technique in this research used nonprobability sampling. The number of samples used in this research was 116 respondents, namely Wardah Cosmetics consumers who had made purchases at least twice in the last 2 months, aged 25-60 years. The types of data in this research are primary data and secondary data. The data collection method was carried out by distributing questionnaires online. The instrument tests used are Validity Test and Reliability Test. This research uses Descriptive Analysis and Multiple Linear Regression Analysis. The results of the F Test research show that the independent variables Company Image (X₁), Consumer Image (X₂), Product Image (X₃) have a simultaneous and significant effect on the dependent variable Purchasing Decision Cosmetics (Y) with the calculated F result being 27.921 > F table 2.69 and F significance is 0.000 <0.05. The results of the t test show that the independent variable Company Image (X₁) partially has a positive and significant effect with the results of t count > t table (2.420 > 1.981) and the significance value of t (0.017) < 0.05, Consumer Image (X₂) partially has an effect positive and significant with the results of t count > t table (2.072 > 1.981) and the significance value of t (0.038) < 0.05, Product Image (X₃) partially has a positive and significant effect with the results of t count > t table (6.143 > 1.981) with a significance value of t (0.000) < 0.05. The results of the coefficient of determination show that the variables Company Image (X1), Consumer Image (X¬¬2), and Product Image (X3) contribute 0.413 to the remaining 58.7% influenced by other variables not discussed in the research this.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030584 |
Uncontrolled Keywords: | Citra Merek, Citra Perusahaan, Citra Konsumen, Citra Produk dan Keputusan Pembelian |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 03:04 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 03:04 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209362 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
FIDELA RABALQIS PUTRI ARFILIESIA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |