Savitri, Savitri, Melfilia. and Pratnyawati Nuridi Suwarno, M.Li. (2023) Perspektif guru terhadap integrasitik dalam pengajaran bahasa inggris. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada abad ke-21, teknologi telah menjadi perkembangan yang paling kuat di dunia. Dua dekade terakhir, penggunaan digital telah mempengaruhi segala aspek seperti bidang ekonomi, sosial, politik, dan juga pendidikan. Seiring dengan perkembangan yang terjadi setiap hari, dalam dunia pendidikan, kurikulum telah berubah dalam beberapa tahun terakhir dimana K13 mengutamakan penggunaan TIK di sekolah. Penelitian ini melakukan desain penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui perspektif guru tentang integrasi TIK pada pengajaran Bahasa Inggris, khususnya tentang transisi selama kelas xi online ke offline, persiapan guru menggunakan TIK, efektivitas penggunaan TIK di kelas, kendala yang dihadapi saat menggunakan TIK, prestasi siswa, penggunaan TIK dibandingkan dengan media konvensional, dan minat guru terhadap TIK. Partisipannya adalah 2 orang guru Bahasa Inggris SMPN 1 Singosari yang telah menerapkan pengajaran dengan TIK dan konvensional, serta menggunakan wawancara mendalam untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru tertarik mempelajari TIK namun masih menggunakan media konvensional. Hal ini menyiratkan bahwa ada sesuatu yang perlu diperbaiki untuk memaksimalkan penggunaan TIK di dalam kelas. Selain itu, disarankan untuk sering mengadakan sosialisasi dan pelatihan untuk meningkatkan keahlian dan keterampilan dalam mengajar bahasa Inggris.
English Abstract
In the 21st century, technology has become the most powerful development in the world. The last two decades, digital usage has influenced every aspect such as economic, social, political, and also education fields. Along with developments that occur every day, in the realm of education, the curriculum has changed in recent years where K13 prioritizes the use of ICT in schools. This study conducted a descriptive qualitative research design that proposed to know teachers’ perspective of ICT integration on ELT, specifically about the transition during online to offline class, teacher preparation of using ICT, the effectiveness of using ICT in the class, the obstacle faced when using ix ICT, students achievement, the use of ICT compared with conventional media, and teachers’ interest on ICT. The participants were 2 English teachers of SMPN 1 Singosari who have applied teaching with ICT and conventional, and using in-depth interview to collect the data. The result revealed that the teachers have interest in studying ICT but still using conventional media. It implied that there was something that needed to be fixed to maximize the use of ICT in the classroom. Furthermore, it is recommended that socialization and training sessions are frequently held to upgrade the expertise and skills in teaching English.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052312 |
Uncontrolled Keywords: | Teknologi Informasi dan Komunikasi, perspektif guru, |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | maria |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 07:39 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 07:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209353 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Melfilia Nurhidayanti Savitri.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |