Lestari, Yunita Ayu. and Lailatul Husna. (2023) analisis tingkat efikasi diri (self efficacy) siswa kelas x man 2 kota malang dalam pembelajaran bahasa jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dan faktor efikasi diri siswa kelas X MAN 2 Kota Malang dalam pembelajaran bahasa Jepang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Kota Malang dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 30 responden. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa observasi dan angket yang memuat tiga indikator self efficacy menurut Bandura yaitu magnitude, generality, dan strength. Teknik analisis data untuk mengetahui tingkat efikasi diri menetapkan skor pada item kuesioner dengan skala likert dan membuat norma kategorisasi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat efikasi diri siswa kelas X MAN 2 Kota Malang sebagian besar tinggi dengan jumlah 43,3% atau 13 siswa. Faktor-faktor yang memengaruhi efikasi diri siswa sangat tinggi adalah siswa mempu meningkatkan usaha saat mengalami kegagalan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Faktor-faktor yang memengaruhi efikasi diri siswa tinggi adalah memandang masalah sebagai hal yang harus dilawan, proses seleksi, persuasi verbal, motivasi yang kuat, optimis, dan komitmen. Selanjutnya, faktor-faktor yang memengaruhi efikasi diri sedang adalah kurang yakin dengan kemampuan yang dimiliki, kurangnya usaha dan daya tahan saat menghadapi kesulitan, turunnya minat belajar bahasa Jepang, dan banyaknya beban dan tugas sekolah sehingga siswa menjadi stress.
Other obstract
本研究は、日本語学習における自己効力感の要因とレベルを分析することを目的 としている。本研究の母集団はクラス X MAN 2 マラン市の学生であり、サンプ ルは合計 30 人の回答者サンプルで目的を持ったサンプリングを使用して取得さ れた。本研究では、バンデュラによる自己効力感の 3 つの面、すなわち、大きさ、 一般性、強さを含む観察とアンケートの形で研究手段を使用した記述的定量的研 究タイプを使用する。 データ分析手法はリッカート尺度を使用してアンケート 項目にスコアを割り当て、分類基準を作成する。本研究の結果、クラス X MAN 2 マラン市の学生の自己効力感レベルのほとんどが高いカテゴリに属し、 13 人の 学生または 43.3%。 学生の非常に高い自己効力感に影響を与える要因は、設定さ れた目標を達成するために失敗を経験したときに、学生が努力を増やすことがで きることである。高い学生の自己効力感に影響を与える要因として、問題を戦う べきものとして捉えること、選択プロセス、言葉による説得、強い動機づけ、楽 観性、コミットメントがあげられる。また、中程度の学生の自己効力感に影響を 与える要因としては、自分の能力に自信がない、困難に直面したときに努力や我 慢ができない、日本語学習への関心が低い、負担や学業が多くてストレスになる などが挙げられる。
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052312 |
Uncontrolled Keywords: | efikasi diri, pembelajaran, bahasa Jepang |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | maria |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 07:37 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 07:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209343 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yunita Ayu Lestari.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |