Pengaruh Food Photography Dan Faktor - Faktor Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di UKM Poty Kabupaten Malang Melalui Minat Pembelian Sebagai Variabel Mediasi.

Nanda Muwafiqotur, Rahmah and Jaya Mahar Maligan,, STP., MP (2023) Pengaruh Food Photography Dan Faktor - Faktor Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di UKM Poty Kabupaten Malang Melalui Minat Pembelian Sebagai Variabel Mediasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada 2 tahun terakhir hampir seluruh negara di dunia ini mengalami permasalahan yang sama, yaitu hidup berdampingan dengan virus corona (COVID-19) tak terkecuali dengan Indonesia. Dampak yang diakibatkan karena adapnya pandemi adalah para pelaku UKM di berbagai daerah mengalami kesulitan dalam penjualan, salah satunya UKM Poty yang menjual produk minuman sari buah. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan minat beli masyarakat dan meningkatkan penjualan, maka UKM Poty melakukan salah satu strategi pemasaran berupa food photography untuk menambah daya tarik konsumen. Food Photography merupakan salah satu stategi pemasaran berupa fotografi yang digunakan untuk membuat foto makanan menjadi lebih menarik. Selain itu adanya faktor-faktor preferensi konsumen juga dapat memengaruhi minat dan keputusan pembelian produk. Sehingga, adanya penelitian ini dilakukan untuk mengetahui untuk mengetahui bagaimana pengaruh food photography terhadap keputusan pembelian produk UKM Poty Kabupaten Malang melalui minat pembelian sebagai variable mediasi. Metode penelitian yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling. Untuk pengumpulan data primer menggunakan kuisioner yang dibagikan secara online melalui google form. Analisis statistik yang digunakan meliputi uji, validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, path analysis, uji sobel, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi (R vii 2 ). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa food photography dan faktor-faktor prefensi konsumen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk Poty. Serta terdapat pengaruh signifikan food photography dan faktor-faktor preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian produk Poty yang dimediasi oleh minat pembelian.

English Abstract

In the last 2 years almost all countries in the world have experienced the same problem, namely living side by side with the corona virus (COVID-19) and Indonesia is no exception. The impact caused by the existence of the pandemic is that UKM players in various regions experience difficulties in sales, one of which is UKM Poty which sells fruit juice products. Therefore, to increase people's buying interest and increase sales, Poty UKM carried out a marketing strategy in the form of food photography to increase consumer attractiveness. Food Photography is a marketing strategy in the form of photography that is used to make food photos more attractive. In addition, the existence of consumer preference factors can also influence product purchase intentions and decisions. So, this research was conducted to find out how food photography influences the purchasing decision of UKM Poty Malang Regency products through purchase intention as a mediating variable. The research method used for sampling is purposive sampling technique. For primary data collection using a questionnaire that is distributed online via the Google form. Statistical analysis used includes test, validity, reliability, normality, linearity, multicollinearity, heteroscedasticity, path analysis, Sobel test, t test, f test, and test the coefficient of determination (R2). The results of this study show that food photography and consumer preference factors have a significant influence on purchasing decisions for Poty products. Also, there is a significant influence of food photography and consumer preference factors on the decision to purchase Poty products which is mediated by purchase intention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052310
Uncontrolled Keywords: consumer preference factors, food photography, purchase intention, fruit juice, purchase decision faktor-faktor preferensi konsumen, food photography, minat pembelian, minuman sari buah, keputusan pembelian
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username verry
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:31
Last Modified: 12 Jan 2024 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209340
[thumbnail of Dalam Masa Embargo] Text (Dalam Masa Embargo)
Nanda Muwafiqotur Rahmah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item