Keputusan Pembelian Produk Japanese Souffle Cake Di Culture Mansion (Studi Kasus Cafe Culture Mansion Di Kota Malang)

Hidhayat, Rizky Firman and Prof. Ir. Hari Dwi Utami, MS., M.AppL.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng (2023) Keputusan Pembelian Produk Japanese Souffle Cake Di Culture Mansion (Studi Kasus Cafe Culture Mansion Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan gaya hidup pada anak muda yang tertarik untuk datang ke coffee shop didorong oleh faktor sosial dari keluarga atau lingkungan sekitar. Anak muda menyadari akan gengsi terhadap coffee shop atas nilai praktis dan kenyamanan dibandingkan kedai kopi sederhana. Penerapan gaya hidup baru memiliki tujuan sebagai eksistensi diri dilingkungan sekitar, terlebih bagi anak muda pengguna media sosial. Perkembangan dunia usaha di era globalisasi saat ini semakin berkembang pesat dan ketat dalam hal persaingan bisnis. Dengan semakin berkembangnya dunia usaha, para pelaku usaha berlomba-lomba melakukan berbagai macam strategi bisnis yang kreatif dan inovatif agar mampu bersaing di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat dewasa ini, salah satunya adalah persaingan bisnis cafe. Cafe Culture Mansion merupakan cafe yang berada di Jl. Seruni No. 1B, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur dan berdiri pada tahun 2019. Berada di kawasan sentra kopi Lowokwaru tentunya banyak pesaing coffe shop lain dengan keberagaman konsep tempat, suasana dan sajian makanan atau minuman. Culture Mansion adalah salah satu cafe yang menyajikan menu utama berupa Japanesse Souflle Cake dengan varian rasa Sweet Tiramisu sauce, Creamy White cream, Matcha Cheese cream, Creamy Cookies & Cream, Redvelvet Cheese cream, Banana Cheese Cookies, Caramel Sweet Cheese, Tiramisu Matcha crumb dan lain sebagainya. Dalam menyikapi perubahan dan perkembangan pasar serta kebutuhan dan keinginan konsumennya, Culture Mansion juga dituntut lebih teliti untuk mengenali konsumen dan calon konsumennya. Pengaruh marketing mix mampu mempermudah dalam terhadap keputusan pembelian, maka peneliti tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai keputusan pembelian Japanese Souffle Cake dan implikasi terhadap strategi pemasaran selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian produk Japanese Souffle Cake di Culture Mansion, mengetahui keputusan pembelian produk Japanese Souffle Cake di Culture Mansion dan menganalisis pengaruh implikasi 7p marketing mix terhadap keputusan pembelian di Culture Mansion. Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini sebagai bahan masukan bagi peneliti selanjutnya tentang keputusan pembelian produk Japanese Souffle Cake di Culture Mansio dan sebagai ilmu pengetahuan yang dapat diaplikasikan. Metode penelitian yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk google form yang disebarkan kepada konsumen atau pelanggan Cafe Culture Mansion dan jawaban diolah menjadi data hitung menggunakan skala likert. Pada penelitian ini didapat responden atau sampel sebanyak 200 orang. Data penelitian ini dianalisis dengan uji reabilitas, uji validitas, analisis faktor, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis berupa koefisien determinasi, uji F dan uji t. Program yang digunakan dalam pengolahan data menggunakan SPSS versi 22. Hasil yang didapat dalam penelitian ini yaitu berdasarkan analisis faktor terbentuk empat faktor baru dari 19 variabel strategi bauran pemasaran 7p yang mempengaruhi keputusan pembelian di Cafe Culture Mansion. Faktor pertama yaitu Kualitas Produk dan Media sosial terdiri dari Standart Penyajian Produk, Kualitas Produk, Media sosial Instagram Omnichannel, Marketplace (Grabfood, Gofood, Shopeefood), Sikap Karyawan Cafe dan Keragaman Produk menjadi strategi pemasaran utama yang perlu dilakukan oleh Cafe Culture Mansion, Faktor kedua yaitu Fasilitas Wi-Fi, Konsumen mendapat pengalaman pembuatan kue, Penyampaian Informasi Produk dan Penampilan Karyawan menjadi strategi pemasaran kedua, Faktor ketiga yaitu Tempat Parkir Luas, Mudah dijangkau dan Dekorasi Cafe menjadi strategi pemasaran ketiga dan Faktor keempat yaitu Harga event setiap bulan dan Harga Khusus peringatan tertentu menjadi strategi pemasaran terakhir Cafe Culture Mansion. Empat faktor tersebut secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Cafe Culture Mansion. Berdasarkan dari koefisien determinasi 87,5% keputusan pembelian di Cafe Culture Mansion dipengaruhi keempat faktor ini. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah karakteristik konsumen yang melakukan pembelian sebagian besar berjenis kelamin laki-laki dengan rentang usia 22 – 27 tahun dan tingkat pendidikan terakhir yaitu peguruan tinggi. Karakteristik konsumen berdasarkan pekerjaan sebagian besar mahasiswa dengan pendapatan kurang dari Rp 1.000.000. Konsumen melakukan pembelian dikarenakan tertarik karena Cafe Culture Mansion memiliki menu produk yang unik dengan kualitas yang baik serta dekorasi cafe yang menarik. Konsumen juga melakukan pembelian karena terdapatnya fasilitas yang dimiliki Cafe, serta mudah dalam melakukan pembayaran melalui metode beragam. Implementasi 7p Maerketing mix memiliki tujuh dimensi yang dibentuk menjadi tujuh strategi pemasaran baru berupa empat faktor strategi. Faktor strategi pertama yaitu kualitas produk dan media sosial, fasilitas dan pengalaman membuat kue, lokasi strategis mudah dijangkau dan dekorasi cafe yang menarik, serta harga promo bulanan dan hari khusus dibangun menjadi strategi pemasaran utama yang perlu dilakukan oleh Cafe Culture Mansion. Diharapkan pihak Culture Mansion dapat mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian Japanesse souffle Cake di Culture Mansion berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini serta mempertahankan hal-hal baik yang telah diterapkan dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel-variabel lain yang dianggap berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang belum ada dalam penelitian ini.

English Abstract

This research was conducted at the culture mansion cafe in Malang. This study aimed to determine the characteristics of consumers on purchasing decisions for Japanese Souffle Cake products at Culture Mansion, determine the decision to purchase Japanese Souffle Cake products at Culture Mansion and analyse the effect of 7p marketing mix implications on purchasing decisions at Culture Mansion. 200 respondents were selected by purposive sampling with the criteria of Cafe Culture Mansion consumers. Data collection was carried out from 20 May to 20 June 2023. A direct survey using Google Form was conducted to collect primary data. Descriptive techniques, factors, classical assumptions, and multiple linear regression were used to analyse the data using SPSS software version 22. The conclusions obtained from this study are first, the characteristics of consumers who make purchases are mostly male with an age range of 22 - 27 years and the last level of education is college. Consumer characteristics based on occupation are mostly students with an income of less than IDR 1,000,000. Second, consumers make purchases because they are interested because Cafe Culture Mansion has a unique product menu with good quality and attractive cafe decorations. Consumers also make purchases because of the facilities owned by the Cafe, and it is easy to make payments through various methods. Third, the implementation of the 7p Maerketing mix has seven dimensions which are formed into seven new marketing strategies in the form of four strategic factors. The first strategic factor is product quality and social media, facilities and baking experience, strategic locations that are easy to reach and attractive cafe decorations, and monthly promo prices and special days are built into the main marketing strategies that Cafe Culture Mansion needs to do.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052305
Uncontrolled Keywords: Product Quality, Price, Marketplace, Unique Product
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:36
Last Modified: 12 Jan 2024 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209335
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
RIZKY FIRMAN HIDHAYAT.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item