Minat Pemuda Desa Menjadi Peternak Sapi Perah Di Desa Pesanggrahan Kota Batu (Studi Kasus: Kelompok Peternak Binaan Bapak Purnomo)

Putri, Rizki Meita and Dr. Ir. Suprih Bambang Siswijono, MS. (2023) Minat Pemuda Desa Menjadi Peternak Sapi Perah Di Desa Pesanggrahan Kota Batu (Studi Kasus: Kelompok Peternak Binaan Bapak Purnomo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui minat beternak sapi perah pemuda Desa Pesanggrahan dan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi minat pemuda desa untuk tetap melanjutkan kegiatan beternak sapi di Desa Pesanggrahan Kota Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner melalui wwawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada 40 responden Desa Pesanggrahan Kota Batu. Ananalisis yang dilakukan secara kualitatif deskriptif terhadap minat pemuda desa dalam beterak sapi perah di Desa Pesanggrahan Kota Batu. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 3 Januari 2023 sampai dengan 13 Februari 2023 di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu Jawa Timur dengan jumlah responden 40 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan langsung di lapangan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 47,5% responden berusia 21-25 tahun. 70% responden adalah lulusan SMA/SMK. 35% responden bekerja sebagai karyawan swasta. 57,5% responden belum pernah beternak. 57,5% responden tidak berminat dalam beternak. Hal ini menunjukkan bahwa minat pemuda desa menjadi peternak sapi perah kurang atau bisa dikatakan rendah. Dari penelitian yang dilakukan di Desa Pesanggrahan faktor-faktor yang memepengaruhi minat dari luar dan dalam lingkungan pemuda desa adalah faktor internal meliputi usia, pendidikan yang ditempuh, sosialisai keluarga dan pengalaman dalam beternak. Sedangkan faktor eksternal meliputi informai dari luar desa dan upah diluar sektor peternakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat pemuda dalam beternak sapi perah di Desa Pesanggrahan tergolong kedalam kategori rendah Hal yang perlu dipertimbangkan dalam menarik generasi muda ke sektor peternakan yaitu produktivitas dan profitabilitas usaha peternakan. Beberapa kebijakan yang perlu dilakukan untuk menarik generasi muda mau bekerja di sektor peternakan adalah mengubah anggapan pemuda desa bahwa bekerja sebagai peternak menarik dan menjanjikan apabila dikelola dengan tekun dan mampu belajar dari pengalaman yang telah dilakukan, inovasi teknologi, pembangunan peternakan modern, perkembangan agroindustry yang lebih baik yang mampu menarik konsumen dari luar daerah dan memperkenalkan peternakan kepada generasi muda sejak dini.

English Abstract

The purpose of this research is to find out how interested the young villagers of Pesanggrahan Village Batu city to raise dairy cows. In addition, this research was done to uncover both the internal and external factor that affected the interest of raising dairy cows among the young villagers of Pesanggrahan Village, Batu City, Indonesia. The research method used is a qualitative. Methodes of collecting data were used questionnaries by interviews and documentation. The research was conducted 40 respondents of young villagers in Pesanggrahan village, Batu city. Data analysis were carried out by qualitative descriptive by data reduction, data exposure and conclusion. The result show that 57.5% of the respondents not interested in raising dairy cows. From the data that the researcher has compiled, it could be concluded that the interest of raising dairy cows among the young villagers of Pesanggrahan Village is low. Moreover, most of the respondents stated that raising a farm is some kind of unprestigious jobs with uncertain income, hard to learn, unclean and gross. The social and educational factor made the teenagers to choose a more prestigious and well-known job rather than raising dairy cows. Furthermore, the external factor such as the information from the respondents’ friend and family also affected their interest. The salary of the job outside the farming field slowly replaces their interest to be a dairy farmer. Thus, the researcher suggested some efforts that are needed to regain this interest among the young villagers in Pesanggrahan Village, such as educating the teenagers that raising dairy farm could be one of their best opportunities if they want to learn how to do it properly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052305
Uncontrolled Keywords: Farming, Interest, Pesanggrahan Village, Young Villagers
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:20
Last Modified: 12 Jan 2024 07:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209300
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
RIZKI MEITA PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item