Muhammad, Marshall Irsyad Bima and Febi Ariani Saragih, S.Pd., M.Pd (2023) Analisis Kesesuaian Media NHK sebagai Fuku Kyouzai dalam Mata Kuliah Dokkai. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahan ajar diperlukan sebagai penguat materi dalam tujuannya untuk memenuhi kompetensi belajar peserta didik atau mahasiswa. Pada Universitas Brawijaya, dalam hal ini Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang memiliki 6 mata kuliah skill yang salah satunya adalah mata kuliah dokkai dengan menggunakan buku Minna no Nihongo sebagai bahan ajar utama. Materi teks bacaan pada buku ini merupakan materi revisi tahun 2005 dan terbilang cukup lama. Hal ini menuntun pada tindakan untuk melakukan revisi kembali atau penyusunan bahan ajar pendamping yang sesuai dengan materi yang terdapat pada bahan ajar utama. Maka, tujuan pada penelitian ini berupa penyusunan bahan ajar pendamping sebab lebih memungkinkan untuk dilakukan. Berlandaskan pada teori Widodo dan Jasmadi (2008) dalam menganalisis bahan ajar sebagai alat pembelajaran yang berisi materi, metode dan cara mengevaluasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Lalu, untuk menganalisis kemungkinan keberhasilan diterima sebagai bahan ajar pendamping, menggunakan teori dari Aisyah dkk. (2020). Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kulitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah Rencana Pembelajaran Semester (RPS), kosakata dan tata bahasa pada buku Minna no Nihongo Shokyu II dan teks bacaan berita pada Media NHK sejumlah 10 tema. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah observasi studi dokumentasi dan kuesioner kepada 2 dosen dan 67 mahasiswa. Analisis menunjukkan bahwa media NHK memiliki 98% pada kesesuaian kosakata dan 85% pada kesesuaian tata bahasa. Hasil tersebut menunjukkan media NHK “sangat sesuai” sebagai bahan ajar pendamping. Hal ini diperkuat oleh respon yang diberikan oleh dosen dan mahasiswa yang mayoritas memberikan jawaban dan positif pada masing-masing pernyataan.
Other obstract
教材は、学生の学習能力を満たすために、教材の補強として必要である。ブラウ ィジャヤ大学では、この場合、日本語教育学習プログラムには6つの技能コース があり、そのうちの1つは「みんなの日本語」を主教材とする読解コースであ る。この本の読解教材は2005年改訂版で、かなり古い。そのため、主教材の内 容に沿った副教材の改訂や作成が求められている。そこで、この研究の目的は、 より可能性の高い伴走型教材の作成である。 WidodoとJasmadi (2008)の理論に基づき、期待される目標を達成するための教 材、方法、評価方法を含む学習ツールとして教材を分析する。そして、Aisyah ら(2020)の理論を用いて、副教材としての成功の可能性を分析する。 本研究では、記述的で質的方法を用いた一種のスキナティブ・アプローチを用 いる。使用したデータソースは、RPS(学期学習計画)、『みんなの日本語初級 Ⅱ』の語彙・文法、NHKメディアの10テーマの記事である。データ収集の手法 としては、観察、文書調查、講師2名と学生67名を対象としたアンケート調査を 用いた。分析は、NHKメディアのニュース読解に合わせた語彙・文法分析を行 った。 分析の結果、NHKメディアの語彙適合率は98%、文法適合率は85%であった。 これらの結果は、NHKメディアが教材として「非常に適している」ことを示し ている。このことは、講師や学生がそれぞれの記述に対して肯定的な回答を寄 せていることからも裏付けられる
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052312 |
Uncontrolled Keywords: | Easy Japanese, Bahan Ajar, Fuku Kyouzai, Dokkai |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang |
Depositing User: | maria |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 07:18 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 07:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209276 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Marshall Irsyad Bima Muhammad.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (9MB) |
Actions (login required)
View Item |