Implementasi Kebijakan Peraturan Walikota No. 12 Tahun 2018 Tentang Penguatan Ekosistem Kreatif Bagi Para Pelaku Ekonomi Kreatif Melalui Malang Creative Center (MCC) Di Kota Malang

Hanny, Mariska Fauziah and Novy Setia Yunas, S.IP ., M.IP (2023) Implementasi Kebijakan Peraturan Walikota No. 12 Tahun 2018 Tentang Penguatan Ekosistem Kreatif Bagi Para Pelaku Ekonomi Kreatif Melalui Malang Creative Center (MCC) Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Implementasi Kebijakan dari Peraturan Walikota No. 12 Tahun 2018 yang mengatur tentang Road Map Pengembangan Ekonomi Kreatif Sub Sektor Unggulan dan Sub Sektor Prioritas Kota Malang Tahun 2018-2022 dengan menghadirkan Malang Creative Center (MCC) sebagai “rumah” bagi para pelaku ekonomi kreatif di Kota Malang. Pembangunan MCC yang cukup ramai diperbincangkan oleh masyarakat Kota Malang karena bangunannya yang begitu megah dan terlihat sangat menonjol karena keunikan arsitekturnya. Terkait hal itu pula ternyata Pemerintah Kota Malang juga menganggarkan dana yang lumayan fantastis demi melaksanakan pengembangan ekonomi kreatif melalui penyediaan infrastruktur. Dengan data-data yang telah diperoleh dengan melakukan wawancara kepada 3 aktor penta helix yang terlibat langsung dalam implementasi kebijakan ini serta observasi yang telah dilakukan ternyata ditemukan fakta bahwa implementasi kebijakan ini tergolong sudah terlaksana dengan baik, karena telah memenuhi 4 unsur dalam implementasi kebijakan menurut teori Edward III, yaitu: Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Meskipun begitu, hambatan-hambatan akan selalu terjadi dalam setiap pelaksanaan kebijakan. Tetapi, hal itu masih dapat diatasi dengan baik melalui komunikasi yang terjalin secara rutin antar implementor sehingga pelaksanaan program ini dapat terlaksana dengan baik sampai kedepannya.

English Abstract

This study discusses the Policy Implementation of Mayor Regulation No. 12 of 2018 which regulates the Road Map for the Development of the Leading Sub-Sector Creative Economy and Priority Sub-Sectors of Malang City for 2018-2022 by presenting the Malang Creative Center (MCC) as a home for creative economy actors in Malang City. The construction of the MCC is quite busy being discussed by the people of Malang City because the building is so magnificent and looks very prominent because of its unique architecture. Related to this, it turns out that the Malang City Governement has also budgeted quite fantastic funds to carry out creative economic development through the provision of infrastructure. With the data obtained by conducting interviews with 3 Penta Helix actors who were directly involved in the implementation of this policy and the observations that have been made it was found that the implementation of this policy was classified as well implemented, because it fulfilled the 4 elements of policy implementation according to Edward III’s theory: Communication, Resources, Disposition, and Bureaucratic Structure. Even so, obstacles will always occur in every policy implementation of this program can be carried out well in the future.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052311
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Peraturan Walikota Malang, Ekonomi Kreatif, Malang Creative Center, Kolaborasi Penta Helix - Policy Implementation, Mayoral Regulation of Malang, Creative Economy, Malang Creative Center, Penta Helix Collaboration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email gaby
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:11
Last Modified: 12 Jan 2024 07:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209269
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
HANNY MARISKA FAUZIAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item