Analisis Penggunaan 叹词 Tàncí (Interjesksi) Dalam Komik 他们的故事 Tāmen de Gùshì (Their Story) Episode 1 – 25 Karya 坛九 Tán Jiǔ.

Poetri, Marieska Kurnia Tiara. and Ressi Maulidina Delijar, S.S., M.Li (2023) Analisis Penggunaan 叹词 Tàncí (Interjesksi) Dalam Komik 他们的故事 Tāmen de Gùshì (Their Story) Episode 1 – 25 Karya 坛九 Tán Jiǔ. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semantik merupakan sebuah kajian dalam ilmu linguistik yang membahas mengenai suatu arti atau makna dari sebuah kata. Semantik dapat digunakan untuk mengkaji dan mengetahui fungsi, makna, maupun arti dari suatu objek kajian, salah satunya adalah interjeksi. Interjeksi merupakan sebuah kata yang menyatakan suatu eksklamasi yang digunakan untuk menunjukkan sebuah sapaan, respon, rasa kagum, terkejut, marah, sedih, dan lain sebagainya yang semuanya merupakan bentuk ungkapan dari berbagai perasaan. Interjeksi terdapat pada dialog lisan maupun tulisan. Salah satau karya sastra yang banyak mengandung kata interjeksi adalah komik. Komik merupakan gambar-gambar yang tidak bergerak, yang disusun secara runtut hingga terbentuk sebuah cerita atau alur yang utuh. Salah satu contohnya adalah komik yang berjudul 她们的故事 Tāmen de Gùshì (Their Story) karya 坛九 Tán Jiǔ. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja jenis serta makna dari kata-kata interjeksi yang terdapat dalam komik 她们的故事Tāmen de Gùshì (Their Story) pada episode 1 – 25. Penelitian ini menggunakan teori milik 刘月华 Liú Yuèhuá, 潘文娱 Pān Wényú & 故韡 Gù Wěi mengenai interjeksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya 30 data kata interjeksi yang terbagi ke dalam 6 kategori kelompok yaitu 10 data perasaan bahagia, 1 data rasa kagum, 11 data rasa terkejut, 2 data bentuk keluhan dan teguran, 4 data seruan panggilan dan jawaban, serta 2 data ungkapan menanyakan hal yang sama.

Other obstract

语义学是以语言学观点研究语言意义的学科。叹词是语义学的一部分。叹词是用来表达强烈感情或者表示呼唤应答的词。叹词不仅存在于口语对话中,也存在于书面形式中。一种包含大量叹词的文学作品是漫画。漫画是不动的图片,然后以连贯的方式排列,形成一个完整的故事或情节。其中一个例子是题为《她们的故事》。本研究的目的是找出《她们的故事》漫画中叹词的类型和意义在第1-25 集中。本研究采用了刘月华、 潘文娱、和故韡 关于插话的原理。研究方法采用描述性定性分析法。本研究的结果是发现了 30 个叹词数据,这些数据被分为 6 个,即 10 个幸福感叹词、1 个钦佩感叹词、11 个惊讶感叹词、2 个抱怨和斥责形式叹词、4 个来电和应答叹词,以及两个询问相同问题的表达式叹词。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: interjeksi, komik, semantik
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: maria
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:08
Last Modified: 12 Jan 2024 07:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209265
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Marieska Kurnia Tiara Poetri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item