Diplomasi Publik Nigeria Dalam Upaya Mempromosikan Industri Perfilman Nollywood Pada Tahun 2012-2017

Syakirin, Muhammad and Achmad Fathoni Kurniawan, S.IP., MA and Joko Purnomo, S.IP., MA (2020) Diplomasi Publik Nigeria Dalam Upaya Mempromosikan Industri Perfilman Nollywood Pada Tahun 2012-2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri perfilman Nigeria yang beberapa tahun belakangan ini meningkat baik dari kuantitas ataupun kualitas. Hal ini dibuktikan, dengan ikut andilnya filmfilm Nollywood dalam ajang penghargaan internasional yang menjadikan industri tersebut secara bertahap diakui eksistensinya dan bisa bersaing dengan industri film lainnya, seperti Hollywood dan Bollywood. Adanya upaya pemerintah Nigeria yang ikut andil dalam mempromosikan industri ini sejak lama, namun tidak bisa dipungkiri masih adanya beberapa tantangan yang muncul seperti isu sosial, ekonomi hingga hak cipta. Berbagai pendekatan sudah dilakukan pemerintah seperti membuat beberapa kebijakan domestik terkait hak cipta produser film, mempublikasi festival film di luar negeri melalui kedutaan besarnya dan sebagainya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan konsep Diplomasi Publik oleh Mark Leonard dengan memiliki tiga konsep yakni News Management, Strategic Communication dan Relationship Building yang menjelaskan bagaimana peran aktor negara ataupun non-negara dalam mempromosikan Nollywood

English Abstract

Nigeria's film industry in recent years has increased in terms of both quantity and quality. This is proven, by taking part in Nollywood films in the international awards which makes the industry have been recognized and can compete with other film industries, such as Hollywood and Bollywood. The efforts of the Nigerian government to take part in promoting this industry for a long time, but it is undeniable that there are still some challenges that are crucial issues arise such as social, economic and copyright. Various approaches have been taken by the government such as making several domestic policies related to copyright of film producers, publishing film festivals abroad through their embassies and so on. This research use Public Diplomacy Concept from Mark Leonard which means explains how the role of state and non-state actors in supporting promoting Nollywood

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052311
Uncontrolled Keywords: Nigeria, Nollywood films, Non-State Actor, and Public Diplomacy-Nigeria, Industri Film Nollywood, Aktor Non-Negara, dan Diplomasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Emy Sukartini
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:10
Last Modified: 12 Jan 2024 07:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209259
[thumbnail of Muhammad Syakirin.pdf] Text
Muhammad Syakirin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item