Hamim, Maulana Rahman and Indhar Wahyu Wira Harjo, S.Sos., MA (2023) Pembongkaran Mitos Gender Pada Meme (Analisis Semiologi Postingan Meme Pada Akun Instagram MCI dan MRCI. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang mitos gender dalam postingan meme perbandingan gender di media sosial Instagram. Meme tersebut berasal dari dua akun meme terbesar di Indonesia yaitu Meme Comic Indonesia (MCI) dan Meme & Rage Comic Indonesia (MRCI). Tujuan dibalik penelitian ini adalah untuk melihat apa saja mitos gender yang tersembunyi di masing-masing postingan meme. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan semiotik. Analisis penelitian ini menggunakan Semiologi Roland Barthes yang melalui dua sistem penandaan (two order of signification) yaitu lapisan Langue (Denotasi dan Konotasi) dan lapisan Myth (Mitos). Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan dokumentasi pada kedua akun. Hasil penelitian menunjukkan adanya bias gender di dalam postingan meme perbandingan gender yang diunggah MCI dan MRCI. Bias gender lebih banyak disematkan kepada gender perempuan. Selain itu akun MCI lebih dominan mengunggah postingan meme perbandingan gender yang memiliki mitos negatif pada gender perempuan. Berkebalikan dengan akun MRCI yang lebih banyak mengunggah postingan meme perbandingan gender dengan mitos negatif pada gender laki-laki.
English Abstract
This study discusses gender myths in posting gender comparison memes on Instagram social media. The meme comes from the two largest meme accounts in Indonesia, Meme Comic Indonesia (MCI) and Meme & Rage Comic Indonesia (MRCI). The purpose behind this research is to see what gender myths are hidden in each meme post. This type of research is qualitative with a semiotic approach. The analysis of this study uses Roland Barthes' Semiology which goes through two systems of signification (two orders of signification), namely the Langue layer (Denotation and Connotation) and the Myth layer (Myth). Data collection was carried out using observation and documentation methods for both accounts. The results of this study show that there is a gender bias in the gender comparison of meme posts uploaded by MCI and MRCI. Gender bias is more pinned on the female gender. In addition, MCI accounts are more dominant in uploading gender comparison memes that have negative myths about the female gender. This is contrary to the MRCI account, which uploads more gender comparison memes with negative myths about the male gender.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052311 |
Uncontrolled Keywords: | Semiologi, Mitos Negatif, Bias Gender - Semiology, Negative Myths, Gender Bias |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Unnamed user with email gaby |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 07:04 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 07:04 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209256 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hamim Maulana Rahman.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |