Ijime dalam Film Honey Lemon Soda Karya Sutradara Koji Shintoku Kajian Sosiologi Sastra.

Prasetyo, M. Gilang. and Dr. Dra. Ismi Prihandari, M.Hum (2023) Ijime dalam Film Honey Lemon Soda Karya Sutradara Koji Shintoku Kajian Sosiologi Sastra. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Isu-isu ijime di lingkungan pergaulan dapat dilihat di berbagai macam tempat, salah satunya adalah lingkungan sekolah. Permasalahan ijime merupakan permasalahan yang dapat merusak mental seorang korban, meskipun begitu, pihak-pihak yang seharusnya membela korban justru cenderung tidak peduli akan kejadian ijime tersebut. Siswa disekitar kejadian peristiwa ijime lebih memilih untuk menghindar agar tidak terkena dampak. Masalah ijime tersebut juga tercermin dalam film Honey Lemon Soda yang menceritakan kehidupan sehari-hari Uka Ishimori, siswi korban ijime oleh murid sekelasnya di Jepang. Fokus penelitian ini adalah pada peristiwa ijime yang terjadi pada Uka Ishimori dalam kehidupan sehari-harinya dan dampak dari ijime pada sifat dan kepribadian Uka Ishimori. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh dari dialog dan tangkapan layar dalam film Honey Lemon Soda serta dokumen yang berkaitan dengan fokus permasalahan. Landasan teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ijime Mitsuru Taki dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ijime di lingkungan sekolah di Jepang masih sering terjadi. Lingkungan sekolah yang cenderung tidak peduli dengan peristiwa ijime semakin membuat tindakan ijime terjadi tanpa adanya perlawanan. Dampak dari ijime membuat sifat dan kepribadian Uka Ishimori menjadi cenderung lebih menyendiri dan menghindari bergaul dengan teman sekelasnya.

Other obstract

社会におけるいじめ問題は、様々な場所で見受けられるが、主にいじめの多い環境の一つは学校環境である。いじめの問題は、被害者の精神状態を損なう問題であるが、被害者を本来擁護すべき人たちは、いじめ事件を黙殺する傾向にある。いじめ事件を目撃した生徒たちは、悪影響を避けるため黙殺する。同級生からいじめの被害を受けた学生、石森羽花の日常を描いた映画『ハニーレモンソーダ』にも、日本のいじめの問題は反映されている。本研究の焦点は、石森羽花の日常生活で受けるいじめによる性格や人格に与える影響である。本研究は質的研究の一種であり、研究データは映画『ハニーレモンソーダ』の対話やスクリーンショット、および焦点となる問題に関連する文書から得た。本研究の主要な理論的基礎は、滝充によるいじめの理論である。本研究の結果として、日本の学校環境では、いまだにいじめが頻繁に発生していることが示された。いじめの出来事を黙殺する学校環境は、いじめ行為が抵抗なく続く要因となっている。また、いじめの影響により、石森羽花の性格や人格は孤立し、クラスメートとの交流を避ける傾向がある。この研究は、いじめ問題の深刻さを示すだけでなく、被害者の経験が彼らの個性に与える影響についても洞察を提供している。これにより、いじめ問題に対する対策やサポートの重要性が浮き彫りにされる3002

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: ijime, bullying, honey lemon soda, sosiologi sastra
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: maria
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:55
Last Modified: 12 Jan 2024 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209233
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
M. Gilang Prasetyo.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item