Bumi Sadeng (Reinterpretasi Narasi Historis Dalam Penciptaan Karya Seni Lukis).

Rizal, Herlambang, M, and Nur Iksan,, S.Sn., M.Sn. and Femi Eka Rahmawati,, S.Sn., (2022) Bumi Sadeng (Reinterpretasi Narasi Historis Dalam Penciptaan Karya Seni Lukis). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

ABSTRAK Rizal Herlambang, M, 2022. BUMI SADENG (Reinterpretasi Narasi Historis Dalam Penciptaan Karya Seni Lukis). Program Studi Seni Rupa Murni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya. Pembimbing : Nur Iksan, S.Sn., M.Sn. Kata Kunci : Sejarah, Bumi Sadeng, dan Seni Lukis. Sejarah merupakan akar dari sebuah peradaban secara berkelanjutan, dinamis, terus berkembang, dan berevolusi. Berfungsi sebagai referensi, inspirasi, dan instruksi untuk menjalani kehidupan di masa mendatang. Korelasi sejarah dengan peradaban inilah diproyeksikan untuk menggali peradaban daerah Jember, Jawa Timur. Tentunya setiap daerah mempunyai sejarahnya masing-masing, salah satunya sejarah di kabupaten Jember. Jember mempunyai sejarah yang cukup panjang, mulai dari masa Purbakala, kerajaan Sadeng, sampai masa Kemerdekaan Indonesia. Babad Bumi Sadeng menjadi sumber kajian tertulis yang menggambarkan perihal kerajaan Sadeng. Melalui narasi historis inilah penulis menghadirkan sebuah karya seni lukis diatas kain kanvas lembaran atau identik dengan wayang beber. Keunikan karya seni lukis yang dibuat oleh penulis terletak pada penggunaan narasi babad Bumi Sadeng, pewarnaan dengan teknik gradasi, dan menggunakan tongkat sebagai pengganti spanram. Dalam penciptaannya menggunakan metode dari Alma M Hawkins yang terdiri dari beberapa tahapan yakni ekplorasi, improvisasi, dan pembentukan. Selain itu, penulis melakukan tahap reinterpretasi dan sketsa sebagai pengembangan. Adapun penulis menciptakan 7 karya seni lukis yang berjudul Penumpasan Nambi 1331 M, Kaya Butha Anon Daging, Pertaruhan Prestise, Perang Pasadeng, Perebutan Tahta, Muhibah Sri Rajasanegara, dan Bujangga Manik Mencapai Moksa. Pada pembuatan karya menggunakan teknik sungging dan gradasi dengan cat akrilik diatas kanvas. Seluruh pewarnaannya dominan dengan warna klasik yakni coklat, hitam, kuning, merah, dan hijau. Melalui penciptaan ini dapat membuka ruang imajinasi dan kreasi penulis dalam menciptakan karya seni lukis dan harapannya masyarakat dapat mengembangkan kembali mengenai seni berbasiskan kearifan lokal dari sejarah Bumi Sadeng.

English Abstract

ABSTRACT Rizal Herlambang, M, 2022. BUMI SADENG (Reinterpretation of Historical Narratives in The Creation Of Painting). Lecture : Nur Iksan, S.Sn., M.Sn. Keywords : History, Bumi Sadeng, and Painting. History is the root of a sustainably civilization, dynamic, developing, and growing. Working as a reference, inspiration, and instruction for the future living. The correlation between history and civilization of a place called Jember, East Java. Of course, each region has its own history, one of which is the history of Jember district. Which has long enough historical that started from encient time, Sadeng empire, until Indonesian Independence time. The Babad Bumi Sadeng is a source of written studies that describe the Sadeng empire. Through this historical narrative, the author presents a painting on canvas or identical to wayang beber. The uniqueness of the painting created by the author lies in the use of the narrative of the Sadeng earth chronicle, coloring with gradation techniques, and using sticks instead of spanram. The writer uses Alma M Hawkins’s method which consists of some stages in writing, these are exploration, improvisation, and formation. Besides, the writer does reinterpretating and sketching steps to develop. The author created 7 works of art, entitled Penumpasan Nambi 1331 M, Kaya Butha Anon Daging, Pertaruhan Prestise, Perang Pasadeng, Perebutan Tahta, Muhibah Sri Rajasanegara, and Bujangga Manik Mencapai Moksa. In making the work using sungging and gradation techniques with acrylic paint on canvas. All of the coloring is dominant with classic colors, namely brown, black, yellow, red, and green. Through this creation, it can open up space for the author's imagination and creation in creating works of art and hopefully that public can redevelop art based on the local culture from the history of Bumi Sadeng.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Seni Rupa Murni
Depositing User: Unnamed user with username saputro
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:45
Last Modified: 12 Jan 2024 06:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209220
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
M. Rizal Herlambang.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item