Feiza, Salsabila Deka and Prof. Rachmat Kriyantono, S. Sos., M. Si., Ph.D and Anang Sujoko, S. Sos., M. Si., DCOMM (2023) Personal Rebranding Selebgram (Studi Deskriptif Kualitatif Personal Rebranding Karin NOovilda di Akun Instagram @awkarin). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan retorika semakin maju dengan adanya media baru yang semakin pesat. Salah satu jenis media baru baru yang sering digunakan adalah media sosial. Media sosial memiliki banyak platform untuk digunakan oleh masyarakat untuk menunjukkan eksistensi diri. Salah satunya instagram sebagai platform yang memiliki banyak pengguna dan sangat diminati karena instagram mudah di akses dan membangun komunikasi dengan siapapun. Sistem pertemanan yang mudah membuat orang-orang berlomba untuk memiliki followers. Untuk meningkatkan followers seseorang harus membangun branding di instagram. Melakukan rebranding di instagram tidak lepas dari peran retorika untuk mempersuasi audience melalui bahasa dan tulisan. Akan tetapi saat ini ada pergeseran dari konsep dasar retorika setelah kemunculan selebgram. Untuk mempertahankan eksistensi diri, selebgram harus memperkuat brandingnya. Karin Novilda menjadi salah satu selebgram yang melakukan personal rebranding untuk merubah citra dirinya. Strategi rebranding menjadi menarik untuk dibahas karena penelitian tentang ini masih sangat sedikit. Sehingga tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana strategi rebranding Karin Novilda di akun instagram @awkarin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekartan tradisi retorika Kenneth Burke menggunakan strategi rebranding Muzellec (2017). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akun instagram @awkarin telah melakukan perubahan dengan mengganti akun pribadi menjadi komunitas yang ditunjukkan pada tampilan logo, bio, konten-konten yang diunggah. Konten tersebut kini berisi informasi seputar berita yang sedang trend saat ini.
English Abstract
The development of rhetoric is increasingly advanced with the existence of new media which is growing rapidly. One type of new media that is often used is social media. Social media has many platforms for people to use to show their existence. One of them is Instagram as a platform that has many users and is in great demand because Instagram is easy to access and builds communication with anyone. An easy friend system makes people compete to have followers. To increase one's followers one must build branding on Instagram. Rebranding on Instagram cannot be separated from the role of rhetoric to persuade the audience through language and writing. However, currently there is a shift from the basic concept of rhetoric after the appearance of the celebrity program. To maintain self-existence, celebrities must strengthen their branding. Karin Novilda is one of the celebrities who is doing personal rebranding to change her image. The rebranding strategy is interesting to discuss because there is very little research on this. So the purpose of this research is to analyze Karin Novilda's rebranding strategy on the Instagram account @awkarin. The method used in this study is descriptive qualitative with the approach of Kenneth Burke's rhetorical tradition using the rebranding strategy of Muzellec (2017). The results of this study indicate that the Instagram account @awkarin has made changes by changing the personal account to a community as shown in the appearance of the logo, bio, uploaded content. The content now contains information about trending news at the moment.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 042311 |
Uncontrolled Keywords: | Retorika, Media baru, media sosial, instagram, followers, rebranding - Rhetoric, New media, social media, Instagram, followers, rebranding |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email gaby |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 06:44 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 06:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209206 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Feiza Salsabila Deka.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |