Mei Lee’s struggle in Achieving Self-Identity in Pixar’s Turning Red Animation Movie: A Psychosocial Analysis.

Tannyo, Lorensa and Fredy Nugroho Setiawan, S.S., M. Hum., (2023) Mei Lee’s struggle in Achieving Self-Identity in Pixar’s Turning Red Animation Movie: A Psychosocial Analysis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang perkembangan kepribadian karakter dalam film animasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti lebih jauh tentang pencapaian jati diri dan menjelaskan tentang bagaimana lingkungan sosial dapat mempengaruhi kepribadian seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah perkembangan kepribadian dari Mei Lee sebagai tokoh utama film animasi Turning Red. Data penelitian akan dikumpulkan dari film animasi Turning Red yaitu kutipan dari dialog dan potongan adegan. Dalam menganalisis data, penelitian ini akan menggunakan pendekatan kualitatif. Teori perkembangan kepribadian dari Erikson (1977) akan digunakan sebagai teori dalam menganalisis data. Hasil dari penelitian menemukan bahwa Mei Lee mengalami babak kelima dari teori Erikson yaitu identitas versus konflik peran. Mei Lee melewati tiga status selama babak ini: identity foreclosure, identity moratorium, dan identity achievement. Kepribadian Mei Lee mendapat pengaruh dari orang tua dan teman-temannya. Ibu dari Mei Lee menganut sistem tiger parenting dan helicopter parenting styles. Sedangkan teman-teman Mei Lee menunjukkan dukungan dan afeksi. Kesimpulannya, kepribadian Mei Lee berubah dari seseorang yang egois yang tidak mempercayai orang tuanya dan tidak peduli terhadap temannya menjadi seorang yang menemukan jati dirinya, lebih peduli terhadap temannya dan dapat membuat keputusan. Sebagai saran, penelitian ini diharapkan dapat menggiring penelitian yang menggunakan teori serupa dalam jenis literatur yang lain. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan semua babak dalam teori perkembangan psikososial dan meneliti lebih dalam lagi mengenai isu-isu yang ada di dalam film animasi tersebut seperti representasi budaya Cina dan hubungan antara ibu-anak di dalam film animasi tersebut.

English Abstract

This research looks into the personality development of a character in an animated film. The goal of this study is to look deeper into self-identity achievement and explain how social environment influences someone's personality through a film. The goal of this research is to investigate Mei Lee's personality development as the main character in the animated film. The research data comes from the animated film Turning Red, which includes dialogue quotes and captures of scene. This study employs qualitative research to examine the data. Erikson's (1977) psychosocial personality development theory is used as the data analysis theory. According to the findings of this study, Mei Lee experienced identity versus role confusion, the fifth stage of Erikson's psychosocial personality development. During this stage, Mei Lee goes through three statuses: identity foreclosure, identity moratorium, and identity achievement. Mei Lee's personality is influenced by her family and friends. Mei Lee's mother has tiger and helicopter parenting style, respectively. Meanwhile, Mei Lee's friends show her affection and trust. In conclusion, Mei Lee's personality evolved from a selfish individual who distrusted her parents and cared less for her friends to someone who has discovered herself, cares about her friends, and can make her own decisions. As a suggestion, this study could lead to new studies using the same theories in other fields of literature. The next researchers may use all stages of psychosocial development theory and examine deeper about issues inside the animation movie such as the representation of Chinese culture or the relationship between daughter-mother inside the animation movie.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: jati diri, lingkungan sosial, perkembangan kepribadian, psikososial,
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: maria
Date Deposited: 12 Jan 2024 05:58
Last Modified: 12 Jan 2024 05:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209093
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lorensa Tannyo.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item