Hermawan, Andrian Riza and Dr. Eng. Herman Tolle, , Ir., S.T, M.T. and Sabriansyah Rizqika Akbar,, S.T., M.Eng., (2022) Desain dan Analisis Desain Interaksi Sistem Navigasi Head Up Display Berbasis Smartphone dengan Prinsip Refleksi pada Kendaraan Mobil. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mengemudi mobil sambil menggunakan navigasi sebagai penunjuk rute adalah hal yang umum dilakukan. Apalagi dengan maraknya jasa pengendara transportasi online yang membantu memberikan petunjuk rute ke tempat tujuan. Namun, penggunaan navigasi saat mengemudi mobil ini menimbulkan permasalahan yaitu distraksi. Distraksi ini terjadi saat pengemudi mobil melihat informasi navigasi pada layar ponsel atau perangkat navigasi di dasbor. Penelitian ini dilakukan untuk meminimalkan distraksi pengemudi mobil saat melihat informasi navigasi dengan pendekatan Human Centered Design (HCD). Penelitian ini mengusulkan desain interaksi Head-up Display (HUD) sederhana dimana informasi navigasi berupa panah navigasi direfleksikan oleh kaca depan mobil. Desain interaksi HUD navigasi ini hanya menggunakan sebuah ponsel pintar saja. Selain itu, diusulkan pula desain panah navigasi yang terlihat jelas dan nyaman bagi pengemudi mobil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep penyampaian informasi navigasi secara HUD membuat koresponden tidak merasa terdistraksi. Hasil lain dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa warna panah navigasi berwarna sian, berukuran di dalam lingkaran berdiameter 5,077 cm, kecerahan 75%, dan menggunakan animasi kedip pelan maupun statis (tanpa animasi) adalah yang optimal secara kejelasan dan kenyamanan bagi pengendara mobil.
English Abstract
Driving car and using navigation simultaneously is norm in the society. Especially, many people using navigation tool to help their job as car driver of online transportation service. During their job, the navigation provides route instruction to destinated location. However, there is a problem when a car driver uses navigation tool. When the car driver looks the navigation screen, they will be distracted. To minimize the distraction, this research uses Human Centered Design (HSD) approach to propose simple HUD concept of navigation. This HUD concept only use a smartphone. From the smartphone, the navigation guide information is reflected by car’s windshield. Along with proposed HUD concept, this research also proposes navigation arrow designs. These designs are clear to see and comfortable for car driver’s sight. The result of research shows that proposed HUD concept to display navigation information on car’s wind shield makes correspondents didn’t feel distracted. In addition, navigation arrow design that optimal in clarity & comfortable aspect use cyan, size is inside circle that has diameter 5,077 cm, 75% brightness, and use either slow blinking or statis (no animation).
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 042315 |
Uncontrolled Keywords: | desain interaksi navigasi, Head-up Display, Human-Centered Design, refleksi, ponsel pintar, mobil-navigation interaction design, Head-up Display, Human-Centered Design, reflection, smartphone, car |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Unnamed user with username suprihatin |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 06:01 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 06:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209091 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Andrian Riza Hermawan.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |